Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Religius Di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

DWI PUTRA, SURYA ANDI (2019) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Religius Di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SURYA ANDI DWI PUTRA_084 141 404.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Realitas saat ini, dunia pendidikan menjadi perhatian halayak akibat kemunculan beberapa kasus terkait tindakan amoral yang melibatkan siswa. Dari latar belakang tersebut perlu peran orang tua dan sekolah dalam rangka membentuk moralitas siswa. Sekolah memiliki peran besar dalam membenahi moralitas siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun realitas lain menegaskan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) hanya tiga jam pelajaran, perlu adanya upaya internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam sebagai penunjang tujuan pembelajaran nasional dalam membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT salah satunya dengan mewujudkan budaya religius. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai akidah melalui budaya religius di SMA Negeri 2 Jember?, (2) Bagaimana internalisasi nilainilai ibadah melalui budaya religius di SMA Negeri 2 Jember? dan (3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai akhlak melalui budaya religius di SMA Negeri 2 Jember?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data mengunakan tiga teknik yaitu: Observasi, wawancara dan studi dokumenter. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Jhony. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan tekhnik. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Internalisasi nilai-nilai akidah melalui budaya religius di SMA Negeri 2 Jember dilakukan melalui kegiatan: (a) baca tulis Al-Qur’an (BTA), dari proses knowing (mengetahui) dapat digambarkan melalui pemaparan guru sesaat sebelum baca tulis Al-Qur’an dilaksanakan, dari proses doing (melaksanakan) siswa dibagi perderet, masing-masing deret membaca 1 sampai 2 juz ayat Al-Qur’an dan dari proses being (menghayati) siswa dapat melatih kebiasaan membaca Al-Qur’an dan terdorong untuk mempelajari Al-Qur’an secara mendalam (b) membaca Asmaul Husna, dari proses knowing (mengetahui) guru memberikan teks Asmaul Husna beserta artinya agar dijadikan hafalan, dari proses doing (melaksanakan) siswa melaksanakan pembacaan Asmaul Husna setiap hari efektif pembelajaran dan dari proses being (menghayati) siswa dapat menghayati makna nama-nama Allah, 2) Internalisasi nilai-nilai ibadah melalui budaya religius di SMA Negeri 2 Jember dilakukan melalui kegiatan shalat dzuhur dan dhuha secara berjamaah setiap hari, dari proses knowing (mengetahui) guru menjelaskan terlebih dahulu rukun shalat, syarat syah shalat dan contoh-contoh shalat wajib dan sunnah, dari proses doing (melaksanakan) siswa melaksanakan pelaksanaan shalat berjamaah diawasi langsung oleh guru Pendidikan Agama Islam dan siswa diharuskan check lock dan dari proses being (menghayati) shalat berjamaah siswa merasa memiliki tanggung jawab lain selain belajar yakni ibadah shalat berjamaah dan 3) Internalisasi nilai-nilai akhlak melalui budaya religius di SMA Negeri 2 Jember dilakukan melalui pembiasaan Mushofahah. Dari proses knowing (mengetahui) terdapat beberapa banner 10 S 1 I yang tersebar di lingkungan sekolah, dari proses doing (melaksanakan) Mushofahah dilaksanakan setiap hari mulai 06.00-06.30 WIB, dan dari proses being (menghayati) para guru berharap akhlak siswa kepada sesama manusia akan tumbuh dalam diri sehingga terbentuklah lingkungan yang agamis dan harmonis di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:49
Last Modified: 21 Oct 2022 00:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13783

Actions (login required)

View Item View Item