Pembelajaran Kitab Hasyiyah Al-Bajuri di pondok pesantren Mambaul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember

Muhyi, Abd (2019) Pembelajaran Kitab Hasyiyah Al-Bajuri di pondok pesantren Mambaul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Abd Muhyi_T20151278.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Kitab Hasyiyah Al-Bajuri adalah kitab yang mengkaji tentang ilmu-ilmu fiqih yang lebih mendalam dan terperinci, yang mana didalamnya mencakup materimateri mulai tata cara bersuci, shalat, zakat, sampai dengan tentang budak. Pembelajaran Kitab Hasyiyah Al-Bajuri di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember, dalam pembelajarannya tidak hanya memakai metode klasikal melainkan juga menggunakan metode modern. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran Kitab Hasyiyah Al-Bajuri di pondok pesantren Mambaul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember?, 2) Bagaiman metode pembelajaran Kitab Hasyiyah Al-Bajuri di pondok pesantren Mambaul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember?, dan 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Kitab Hasyiyah Al-Bajuri di pondok pesantren Mambaul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kompetensi yang hendak dicapai dalam Pembelajaran Kitab Hasyiyah Al-Bajuri di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember, 2) Untuk mendeskripsikan metode Pembelajaran Kitab Hasyiyah Al-Bajuri di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember, dan 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi Pembelajaran Kitab Hasyiyah Al-Bajuri di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember. Metode yang digunakan adaalah pendekatan kualitatif menggunakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta data dianalisis dengan tehnik trianggulasi sumber dan trianggualasi teknik. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu: 1) Kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran kitab Hasyiyah Al-Bajuri di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember, yaitu: kompetensi santri bisa membaca kitab-kitab klasik khususnya kitab Hasyiyah Al-Bajuri dengan baik dan benar, santri mampu memahami kitab-kitab klasik khususnya kitab Hasyiyah Al- Bajuri dengan baik dan banar, santri mampu menagamalkan dalam kehidupan seharihari setelah apa yang mereka menempuh pembelajaran kitab Hasyiyah Al-Bajuri, santri bisa menyesuaikan dengan kehidupan sosial modern, dan santri bisa mencari dan menetapkan hukum-hukum dengan baik dan benar. 2) Metode yang digunakan dalan Pembelajaran Kitab Hasyiyah Al-Bajuri di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember yaitu mengunakan metode sorogan, tanya jawab, dan diskusi. 3) Evaluasi dalam Pembelajaran Kitab Hasyiyah Al-Bajuri di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember yaitu meliputi evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi diaknostik dan mengunakan tes tulis dan tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:44
Last Modified: 21 Oct 2022 00:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13786

Actions (login required)

View Item View Item