Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Pada Anak Kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Walisongo Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

TRI, SULAS (2019) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Pada Anak Kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Walisongo Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SULASTRI_T201511110.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Kecerdasan yang dimiliki anak merupakan ungkapan dari cara berfikir seseorang yang dapat dijadikan modalitas belajar. Kecerdasan yang berkaitan dengan kepekaan menangkap gradasi warna, kepekaan terhadap bentuk yang mirip dan berbeda, kesenangan membuat bangunan dari mainan keakuratan arah, membuat bentuk dengan gambar dan jiplakan dan ruangan. Salah satu upaya dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini adalah dengan memberikan stimulus yang baik dan tepat, yaitu pembelajaran dengan bermain atau belajar sambil bermain. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah bentuk Kecerdasan Visual Spasial yang dikembangkan pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Walisongo Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. (2) Bagaimana strategi meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial pada anak kelompok A melalui Kegiatan menggambar di Raudhatul Athfal (RA) Walisongo Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimanakah bentuk Kecerdasan Visual Spasial Yang dikembangkan pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Walisongo Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial pada anak kelompok A melalui menggambar di Raudhatul Athfal (RA) Walisongo Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif deskriptif. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian yaitu: (1). Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial anak kelompok A yang memiliki berbagai aspek pengembangan berbeda-beda dalam Kecerdasan Visual Spasial, guru melakukan dengan beberapa pengembangan atau kegiatan yaitu (a)Mewarnai (b)Membedakan kejanggalan suatu gambar (c)Mengerjakan maze (d)Membuat bangun ruang dengan balok atau lego, dan dengan e)Membuat gambar. (2). Dilakukan dengan (a)Menentukan tema yang akan dipelajari anak, (b)Menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti buku gambar, pensil dan penghapus, serta guru akan (c)Menguatkan imajinasi atau fikiran anak agar sesuai dengan tema yaitu memperlihatkan gambar terlebih dahulu sebelum anak membuat gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:44
Last Modified: 21 Oct 2022 00:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13787

Actions (login required)

View Item View Item