Implementasi Karakter Cinta Lingkungan dalam Perspektif Islam pada Santri TPQ Al-Ikhlas di sekitar Obyek Wisata Pantai Cemara Banyuwangi.

Fitria, Nurul (2019) Implementasi Karakter Cinta Lingkungan dalam Perspektif Islam pada Santri TPQ Al-Ikhlas di sekitar Obyek Wisata Pantai Cemara Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Nurul Fitria_T20151087.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Karakter Cinta lingkungan dalam perspektif Islam merupakan rasa kasih atau rasa emosional terhadap sesuatu yang ada di sekitar manusia yang dapat mempengaruhi perkembangan manusia serta rasa ingin menjaga dan melindungi bumi yang telah Allah ciptakan untuk manusia sebagai tempat tinggal. Pantai Cemara merupakan salah satu pantai yang terletak di Banyuwangi. Pantai Cemara memiliki kondisi pantai yang bersih, sejuk, indah dan asri. Pantai Cemara salah satu pantai yang berupaya menjunjung tinggi kebersihan, sehingga menjadi salah satu pantai yang dikenal dengan kebersihanya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya menanamkan karakter cinta lingkungan dalam perspektif islam pada santri TPQ Al-Ikhlas di sekitar obyek wisata pantai cemara Banyuwangi. 2) Apa saja Faktor pendukung dan penghambat yang dialami dalam upaya menanamkan karakter cinta lingkungan dalam perspektif islam pada santri TPQ Al-Ikhlas di sekitar obyek wisata pantai cemara Banyuwangi. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan upaya menanamkan karakter cinta lingkungan dalam perspektif islam pada santri TPQ Al-Ikhlas di sekitar obyek wisata pantai cemara Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan Faktor pendukung dan penghambat yang dialami dalam upaya menanamkan karakter cinta lingkungan dalam perspektif islam pada santri TPQ Al-Ikhlas di sekitar obyek wisata pantai cemara Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan). Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Upaya menanamkan karakter cinta lingkungan dalam perspektif Islam pada santri TPQ Al-Ikhlas di sekitar obyek wisata Pantai Cemara Banyuwangi dengan melakukan tiga proses, yaitu pemahaman, pembiasaan dan keteladanan. Pemahaman dan pembiasaan ini diwujudkan dengan memberikan pemahaman tentang sampah dan melakukan piket giliran. 2) Faktor pendukung yang dialami dalam upaya menanamkan karakter cinta lingkungan dalam perspektif islam pada santri TPQ Al-Ikhlas di sekitar obyek wisata Pantai Cemara Banyuwangi adalah pertama faktor kesadaran terhadap lingkungan. Kedua adanya dukungan dari Dinas Perikanan dan Kelautan serta dari Dinas Pariwisata. Sedangkan faktor penghambat yang dialami dalam upaya menanamkan karakter cinta lingkungan dalam perspektif islam pada santri TPQ Al-Ikhlas di sekitar obyek wisata Pantai Cemara Banyuwangi adalah pertama adanya pro dan kontra. Kedua, sampah. Perilaku masyarakat tepi sungai Tambong yang membuang sampah sembarangan ke sungai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:44
Last Modified: 21 Oct 2022 00:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13788

Actions (login required)

View Item View Item