Model Pembelajaran Somatic, Audio, Visual, dan Intelektual (SAVI) Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa di MTs Negeri 4 Jember

NOFIYANATA, DWI (2019) Model Pembelajaran Somatic, Audio, Visual, dan Intelektual (SAVI) Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa di MTs Negeri 4 Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
DWI NOFIYANATA_T0151341.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik. Untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif, maka seorang guru harus menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didiknya. Salah satu model pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa dikelas yaitu model pembelajaran SAVI yang merupakan kepanjangan dari (Somatic, Audio, Visual, Intelektual). Pendidik yang profesional harus mampu menyiapkan proses pembelajaran dengan melibatkan peserta didik. Maka dari itu pendidik harus mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, sehingga peserta didik dapat termotivasi semangat dalam belajar dan menjadikan peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat mensinergikan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan mengoptimalakan kinerja kinestetik adalah dengan model SAVI. Model SAVI mampu menggugah semangat dan antusias siswa dalam belajar baik teori maupun praktek. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan Model Pembelajaran Somatic, Audio, Visual, dan Intelektual (SAVI) Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa di MTs Negeri 4 Jember?; 2) Bagaimana pelaksanaan Model Pembelajaran Somatic, Audio, Visual, dan Intelektual (SAVI) Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa di MTs Negeri 4 Jember?; 3) Bagaimana evaluasi Model Pembelajaran Somatic, Audio, Visual, dan Intelektual (SAVI) Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa di MTs Negeri 4 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Model Pembelajaran Somatic, Audio, Visual, dan Intelektual (SAVI) Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa di MTs Negeri 4 Jember; Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 4 Jember ini meliputi silabus dari pusat dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai penjabaran dari silabus dengan menggunakan pendekatan saintifik, yang dibuat pada awal tahun pelajaran baru. 2) Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan inti terdapat tahap-tahap penerapan model pembelajaran SAVI dengan menggunakan pendekatan saintifik. 3) Proses evaluasi menggunakan penilaian autentik diantaranya; penilaian kompetensi sikap, penilaian kompetensi pengetahuan, penilaian kompetensi keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:47
Last Modified: 21 Oct 2022 00:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13791

Actions (login required)

View Item View Item