Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Hadrah Az-Zahra di SMPN 1 Jelbuk Kabupaten Jember.

YULIANTO, DENI (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Hadrah Az-Zahra di SMPN 1 Jelbuk Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
DENI YULIANTO_T20161178.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan karakter di sekolah dapat diberikan melalui ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang selama ini diselenggarakan merupakan salah satu media yang potensial untuk pembinaan karakter dan peningkatan mutu akademik peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendidikan diluar mata pelajaran untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik atau tenaga pendidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah. Melalui ekstrakurikuler diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial serta potensi dan prestasi peserta didik. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler hadroh az-zahra dalam penguatan pendidikan karakter di SMPN 1 Jelbuk Kabupaten Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadroh az-zahra dalam penguatan pendidikan karakter di SMPN 1 Jelbuk Kabupaten Jember? (3) Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler hadroh az-zahra dalam penguatan pendidikan karakter di SMPN 1 Jelbuk Kabupaten Jember? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan kegiatan ekstrakurikuler hadroh az-zahra dalam penguatan pendidikan karakter di SMPN 1 Jelbuk Kabupaten Jember. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadroh az-zahra dalam penguatan pendidikan karakter di SMPN 1 Jelbuk Kabupaten Jember. (3) Mendeskripsikan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler hadroh az-zahra dalam penguatan pendidikan karakter di SMPN 1 Jelbuk Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) dalam perencanaannya kepala sekolah, pembina dan pengurus menentukan mengenai tujuan dan rencana program kegiatan yang dilaksanakan empat kali pertemuan dalam seminggu. (2) dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler hadrah Az-Zahra dalam penguatan pendidikan karakter dilakukan dengan cara mengkombinasikan dua metode yaitu metode ceramah dan metode praktik setelah itu pembina juga menggunakan metode penugasan. (3) evaluasi kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler hadrah Az-Zahra dalam penguatan pendidikan karakter dilakukan dengan cara mengamati sikap dan perilaku keseharian siswa disekolah maupun diluar sekolah dalam berinteraksi dengan sesama, guru, warga sekolah yang lain dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:47
Last Modified: 21 Oct 2022 00:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13792

Actions (login required)

View Item View Item