Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Sepak Tekong Kelompok B di RA Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Haryati, Evi (2019) Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Sepak Tekong Kelompok B di RA Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Evi Haryati_T201511089.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Studi perkembangan motorik adalah deskripsi dan penjelasan tentang perubahan perilaku motorik sepanjang hidup manusia yaitu perubahan prilaku gerak setiap kelompok usia berdasarkan identifikasi setiap kelompok usia berdasarkan sifat perkembangannya. Kurangnya kemampuan motorik kasar anak di kelas B RA Perwanida 07 dikarenakan model pembelajaran masih monoton tanpa adanya inovasi pembelajaran sehingga tingkat perkembangan mototrik kasar anak sangat kurang berkembang. Berdasarkan latar belakang ini penelitian ini memfokuskan pada beberapa hal sebagai berikut 1). Bagaimana Permainan Sepak tekong kelompok B di RA Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 2). Bagaimana meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan sepak tekong Kelompok B di RA Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember? Dalam penelitian ini, adapun tujuan penelitian dapat dideskripsikan sebagai berikut 1). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permainan sepak tekong kelompok B di RA Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember. 2). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan sepak tekong Kelompok B di RA Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam menggunakan pendekatan kualitatif ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif serta dipadukan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan berkolaborasi dengan guru kelas untuk mengukur ketercapaian keberhasilan. Subyek penelitian ini adalah kepala,Guru,dan siswa kelas B RA Perwanida 07. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,wawancara mendalam,serta dokumentasi. Pemilihan metode penelitian lapangan ini didasarkan pada sumber data primer yang diperoleh melalui lapangan yaitu di RA Perwanida 07 Pasar Alas Garahan Kecamatan Silo Jember. Analisis data yang dilakukan dengan tiga hal yaitu reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Dalam penelitian penilitian ini keabsahan data diperoleh dengan teknik meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dikemukakan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui bermain sepak tekong yang telah dilakukan dapat meningkatkan motorik kasar anak. Peningkatan kemampuan motorik kasar berupa berlari, menyepak, ketangkasan, kekuatan dan kelentukan dikatakan optimal dilihat berdasarkan dari hasil data observasi dan dokumentasi yang diperoleh pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:45
Last Modified: 21 Oct 2022 00:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13796

Actions (login required)

View Item View Item