Upaya Meningkatkan Kemampuan Motoeik melalui Bermain Bowling pada anak Usia Dini Kelompok B di RA Nurul Anwar Kemuningsari Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

rifah, Mus (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motoeik melalui Bermain Bowling pada anak Usia Dini Kelompok B di RA Nurul Anwar Kemuningsari Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Musrifah_T201511116.pdf - Submitted Version

Download (17MB)

Abstract

Salah satu kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang adalah kemampuan motorik . Ketika anak-anak mulai mampu untuk bergerak , melakukan senam, melakukan gerak lokomotor, dan melakukan gerakan kasar namun kemampuan motorik yang digunakan sering kali tidak tepat. Bermain adalah karakteristik anak usia dini. Permainan media bowling merupakan permainan yang dapat meningkatkan kemampuan motorik khususnya motorik kasar. Pada Kelompok B di RA Nurul Anwar Jember, ditemukan beberapa anak yang kemampuan motoriknya masih belum sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak dengan terlihatnya anak didik yang belum paham tentang cara memainkan bowling. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui bermain bowling pada kelompok B di RA Nurul Anwar Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2)Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam bermain bowling pada kelompok B di RA Nurul Anwar Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui bermain bowling pada kelompok B di RA Nurul Anwar Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam bermain bowling pada kelompok B di RA Nurul Anwar Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi aktif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model miles dan Hubarman keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui bermain bowling pada kelompok B di RA Nurul Anwar Jember Tahun Pelajaran 208/2019 adalah melalui kegiatan bermain bowling , yaitu dengan ditunjukannya kemampuan motorik kasar anak dalam melempar bola bowling dan melakukan sesuai yang diminta adalah dari 15 anak terdapat 5 anak yang mendapat nilai 4 yang artinya berkembang sangat baik, 6 anak mendapat nilai 3 yang artinya bekembang sesuai harapan, dan 4 anak mendapat nilai 2 yang artinya mulai berkembang. 2) upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui permainan bowling pada kelompok B di RA Nurul Anwar Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah melalui kegiatan menyusun dan memegan bola dan alat bowling adalah dari 15 anak terdapat 5 anak yang mendapat nilai 4 yang artinya berkembang sangat baik, 13 anak mendapat nilai 3 yang artinya berkembang sesuai harapan, dan 3 anak mendapat nilai 2 yang artinya mulai berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:45
Last Modified: 21 Oct 2022 00:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13797

Actions (login required)

View Item View Item