PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ALPHABET SCRABBLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL RAHMAT BANGIL – PASURUAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Lailil, Murro (2022) PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ALPHABET SCRABBLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL RAHMAT BANGIL – PASURUAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad siddiq Jember.

[img] Text
WATERMARK JADI LAILI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lailil Murro Nuril Chasanah, 2022 : Penerapan Alat Permainan Edukatif Alphabet Scrabble dalam Pembelajaran Bahasa Anak Kelompok B di RA Rahmat Bangil–Pasuruan Tahun Ajaran
2021/2022.

Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif alphabet scrabble , Pengembangan Bahasa.

Alat permainan edukatif alphabet scrbble adalah permainan kata dan huruf yang dapat memberikan suatu situasi belajar yang santai dan menyenangkan. Anak dengan aktif dilibatkan dan dituntut untuk memberikan tanggapan dan keputusan. Dalam memainkan alphabet scrabble anak dapat melihat sejumlah kata berkali-kali, namun tidak dengan cara yang membosankan. Perkembangan Bahasa merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan anak. Karena bahasa mereka dapat bergaul di tengah-tengah masyarakat, melalui bahasa pula mereka dapat mengekspresikan apa yang dirasakan. Perkembangan Bahasa terdiri dari beberpa aspek, salah satunya aspek kosakata.
Fokus Peneltian dalam Skripsi ini adalah: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi alat permainan edukatif alphabet scrabble dalam pembelajaran bahasa anak kelompok B di Raudhatul Athfal Rahmat Bangil-Pasuruan tahun ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini ada: Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penerapan alat permainan edukatif alphabet scrabble dalam pembelajaran bahasa anak kelompok B di Raudhatul Athfal Rahmat Bangil-Pasuruan tahun ajaran 2021/2022
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan Triangulasi teknik dan sumber.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan1) perencanaan alat permainan edukatif alphabet scrabble, yaitu (a) perancangan PROTA (Program Tahunan), PROSEM (Program Semester), RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan) yang sesuai dengan kurikulim K-13. (b) guru menyusun RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian). (c) guru menyiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan tema yang digunakan.(d)guru memilih metode dan teknik evaluasi yang akan dipakai selama pembelajaran berlangsung. 2) Pelaksanaan alat permainan edukatif alphabet scrabble , yaiut Guru menyiapkan media alat permainan edukatif alphabet scrabble yang akan digunakan saat kegiatan inti berlangsung sesuai dengan tema dan sub tema sesuai RPPH. Kegiatan berlangsung pada satu hari adalah (a) kegiatan pembuka, guru membuka kelas dengan berdoa dan pembiasaan kemudian menjelaskan topik, (b) kegiatan inti, guru membentuk kelompok, menyuruh kelompk menyusun kosakata, memberikan penghargaan dan stimulasi kepada anak, (c) kegiatan penutup, recalling, guru memberikan informasi, pesan dan menutup dengan doa. 3) Evaluasi alat permainan edukatif alphabet scrabble, yaitu (a) guru memantau perkembangan anak saat kegiatan dilaksanakan dengan menggunkan catatan kecil berupa keterangan tentang perkembangan anak saat melakukan kegiatan tersebut, (b) teknik ceklis berupa indikator capaian perkembangan anak BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan dan BSB (Berkembang Sangat baik), (c) teknik tanya jawab berupa tes dan non tes, hasil evaluasi tes dan non tes dapat dilihat pada buku prestasi yang dimiliki setiap peserta didik. Karena dalam beberapa teknik diatas guru harus benar-benar mengetahui setiap perkembangan anak yang nantinya akan dievaluasi ke dalam catatan penilaian harian, mingguan dan bulanan seperti observasi, portofolio, dan hasil karya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Lailil Murro
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:59
Last Modified: 21 Oct 2022 00:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13798

Actions (login required)

View Item View Item