Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jember Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Rully Queenta, Balqis Amalia (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jember Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Rully Queenta Balqis Amalia_WM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara agar siswa yang diajar tidak mudah bosan. Salah satu cara yang digunakan yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis STEM.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numered Head Together) berbasis STEM terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jember pada materi sistem pernapasan manusia.
Tujuan penelitian ini adalah : Untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berbasis STEM terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jember pada materi sistem pernapasan manusia.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan rancangan penelitian model Hopkins yang diawali dengan tindakan pendahuluan kemudian dilanjutkan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil evaluasi pada siklus I masih belum tuntas, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Refleksi siklus I dilakukan untuk menentukan langkah-langkah perbaikan pada siklus II.
Pada pra siklus keaktifan siswa diketahui sebesar 21.2% dengan kategori mendekati aktif, kemudian pada siklus I keaktifan siswa diketahui sebesar 36% dengan kategori sudah aktif, kemudian pada siklus II keaktifan siswa diketahui sebesar 65.4%. Perihal ini juga dikuatkan oleh hasil tes angket terkahir dipertemuan kedua yang disi oleh partisipan dengan nilai sebesar 75,5% yang menyatakan siswa setuju jika metode pelajaran“kooperatif tipe NHT” berbasis STEM ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Miss Rully Queenta Balqis Amalia
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:07
Last Modified: 21 Oct 2022 01:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13799

Actions (login required)

View Item View Item