Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019.

Zakiya, Lisa (2019) Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Lisa Zakiya_0841411150.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Dalam kurikulum 2013 (K13) ekstrakurikuler pramuka adalah ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh siswa, karena kurikulum 2013 (K13) mementingkan pendidikan karakter. Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi sudah dari dulu menetapkan ekstrakurikuler pramuka sebagai salah satu ekstrakurikuler wajib di sekolah yang mengimplementasikan kegiatan-kegiatan kepramukaan untuk membentuk karakter siswa. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019?, 2) Bagaimana Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Mandiri Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) Untuk mendeskripsikan Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Mandiri Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data), conclution drawing/verification (penarikan kesimpulan/verifikasi). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dan kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Implementasi ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi yaitu dengan membiasakan siswa melaksanakan kegiatan keagamaan seperti Khotmil Quran yang diadakan sebulan sekali dan Sholat Berjamaah yang dilakukan pada saat latihan rutin dan berkemah. Dalam pelaksanaan ditemukan beberapa kendala seperti terkendala waktu untuk membaca Al Quran 30 juz dan ketika sholat berjamaah masih ditemukan anak yang berkeliaran di waktu sholat dan bahkan ada juga yang tidak sholat. Kegiatan-kegiatan tersebut kurang berhasil dalam membentuk karakter religius. 2) Implementasi ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter mandiri siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi yaitu dengan melaksanakan kegiatan perkemahan, piket lantas, dan iuran. Membiasakan siswa dalam penyelesaian tugas-tugas yang harus dikerjakan secara mandiri dan memotivasi peserta didik untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Dalam pelaksanaan kegiatankegiatan tersebut siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi mampu mencerminkan karakter mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:45
Last Modified: 21 Oct 2022 00:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13801

Actions (login required)

View Item View Item