Meningkatkan kemampuan Bahasa Reseptif (Menyimak) Melalui Media Gambar Seri pada Kelompok A di Raudlatul Athfal (RA) Al MubarokSukojember Jelbuk Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019

IYAH, AHAD (2019) Meningkatkan kemampuan Bahasa Reseptif (Menyimak) Melalui Media Gambar Seri pada Kelompok A di Raudlatul Athfal (RA) Al MubarokSukojember Jelbuk Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
AHADIYAH_T201511131.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Menyimak adalah Kemampuan Bahasa Reseptif (Menyimak) melibatkan proses kognitif aktif yang memerlukan kemampuan berpikir kritis. Hal ini terjadi ketika anak yang menyimak, memeriksa, dan memproses tentang kebermaknaan informasi yang mereka terima. Dalam proses tersebut anak berusaha memahami dan mengonstruksi arti dari informasi dan pengetahuan yang telah mereka peroleh sebelumnya Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran bahasa resptif (menyimak) Anak Usia Dini melalui media gambar seri pada kelompok A di RA Al Mubarok Sukojember, Jelbuk, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019? (2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa reseptif (menyimak) Anak Usia Dini melalui media gambar seri pada kelompok A di RA Al Mubarok Sukojember, Jelbuk, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019? (3). Bagaimana evaluasi pembelajaran bahasa reseptif (menyimak) anak melalui media gambar seri di RA AL Mubarok, Sukojember, Jelbuk, Jember Tahun pembelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran bahasa reseptif (menyimak) melalui Media gambar seri dalam pembelajaran Anak Usia Dini pada kelompok A di RA Al Mubarok Sukojember, Jelbuk, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019 (2) pelaksanaan pembelajaran Bahasa Reseptif (Menyimak) melalui Media Gambar Seri pada kelompok A di RA Al Mubarok Sukojember, Jelbuk, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019 (3) Evaluasi pembelajaran Bahasa Reseptif (Menyimak) melalui Media Gambar Seri pada kelompok A di RA Al Mubarok Sukojember, Jelbuk, Jember tahun pembelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi kodensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa melalui Media Gambar Seri dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Reseptif (Menyimak) pada anak kelompok A di RA Al Mubarok Sukojember, Jelbuk, Jember tahun pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:45
Last Modified: 21 Oct 2022 00:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13802

Actions (login required)

View Item View Item