Upaya Guru IPS dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa di MTs Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019.

Umami, Inayatul (2019) Upaya Guru IPS dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa di MTs Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Inayatul Umami_T20159024.pdf - Submitted Version

Download (25MB)

Abstract

Individu sebagai makhluk sosial, dituntut untuk peka terhadap setiap permasalahan yang timbul sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan sosial dan mampu menampilkan diri sesuai dengan aturan atau norma yang berlaku. Oleh karena itu, setiap individu harus menguasai keterampilan-keterampilan sosial dan kemampuan penyesuaian diri, terutama ketika anak sudah menginjak remaja karena pada masa remaja individu sudah mulai memasuki pergaulan yang lebih luas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru IPS dalam mengembangkan keterampilan komunikasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Rogojampi Tahun 2019, 2) Bagaimana upaya guru IPS dalam mengembangkan keterampilan membangun kelompok siswa Madrasah Tsanawiyah Rogojampi Tahun 2019, 3) Bagaimana upaya guru IPS dalam mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah siswa Madrasah Tsanawiyah Rogojampi Tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru IPS dalam mengembangkan keterampilan komunikasi, membangun kelompok, dan menyelesaikan masalah siswa di MTs Rogojampi Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada saat penelitian dilapangan yaitu: Observasi partisipan dan non partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data, dan penarikan kesimpulan yang digunakan adalah model Miles dan Huberman mulai dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan dari penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, 1) Upaya guru IPS dalam mengembangkan keterampilan komunikasi siswa di MTs Rogojampi dilakukan melalui menyelesaikan konflik dari permasalahan dalam materi pelajaran maupun permasalahan dalam kehidupan nyata, dan membiasakan siswa untuk aktif bertanya dalam kegiatan belajar mengajar; 2) Upaya guru IPS dalam mengembangkan keterampilan membangun kelompok siswa di MTs Rogojampi dilakukan melalui, diskusi kelompok, tugas kelompok dan kerja bakti, ketiga upaya tersebut mampu mengembangkan keterampilan membangun kelompok pada siswa; 3) Upaya guru IPS dalam mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah siswa di MTs Rogojampi dilakukan melalui, diskusi memberikan siswa soal atau masalah yang akan diselesaikan, menyuruh siswa memposisikan diri sebagai orang yang memiliki masalah dan mencari solusi, menyuruh siswa menyelesaikan masalah secara mandiri dan belajar tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:13
Last Modified: 21 Oct 2022 01:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13804

Actions (login required)

View Item View Item