Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Tradisi Madura Materi Perbandingan Kelas VII

Rahman, Miftahor (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Tradisi Madura Materi Perbandingan Kelas VII. Undergraduate thesis, UIN KHAS Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahor Rahman_T20187027.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK
Miftahor Rahman, 2022: Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Tradisi Madura Materi Perbandingan Kelas VII
Kata Kunci: Modul, Berbasis Etnomatematika, Tradisi Madura, Materi Perbandingan
Kita ketahui bersama bahwa Indonesia memiliki berbagai macam bentuk keanekaragaman tradisi, salah satunya yaitu tradisi Madura. Namun di era perkembangan globalisasi saat ini, memungkinkan berbagai macam tradisi luar dengan mudah masuk. Tanpa adanya pencegahan yang serius hal ini bisa berdampak buruk terhadap kelestarian tradisi lokal. Salah satu cara yang dapat dilakukakan untuk mencegah hal tersebut adalah disosialisasikan lewat proses pembelajaran di sekolah. Dari berbagai macam perangkat pembelajaran yang digunakan sekolah, modul pembelajaran merupakan perangkat pembelajaran yang berperan penting dalam proses pembelajaran. Sehingga peneliti merasa perlu untuk melakukan pengembangan modul berbasis Etnomatematika tradisi Madura.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kevalidan modul pembelajaran berbasis etnomatematika dalam tradisi madura materi perbandingan kelas VII. 2) Mendeskripsikan kepraktisan modul pembelajaran berbasis etnomatematika dalam tradisi madura materi perbandingan kelas VII.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model tahapan 4D yaitu (1) pendefinisian (define) (2) perancangan (design) (3) pengembangan (develop) (4) penyebaran (dissemination).
Hasil penelitian 1) Hasil kevalidan dilakukan oleh 4 validator, yaitu ahli materi, ahli desain, ahli bahasa dan ahli pendidikan matematika. Hasil yang diperoleh dari ahli materi yaitu dengan skor 87%, ahli desain 90,5%, ahli bahasa 87,5% dan ahli pendidikan matematika 70,83%. Dari analisis kevalidan menunjukkan rata-rata keseluruhan 83,95% dengan kriteria valid dan dapat digunakan namun dengan perbaikan kecil. 2) Hasil kepraktisan yang di lakukan oleh 21 responden yaitu dengan skor rata-rata keseluruhan 90,65% dengan kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: MR Miftahor Rahman
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:38
Last Modified: 21 Oct 2022 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13812

Actions (login required)

View Item View Item