Integrasi Islam dan Sains pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri Ambulu.

LAELI, JANNATUL (2019) Integrasi Islam dan Sains pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri Ambulu. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
JANNATUL LAELI_T20158027.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Integrasi Islam dan sains adalah keterpaduan antara nilai Islam dan sains dalam suatu kajian berdasarkan metode ilmiah yang saling keterkaitan untuk saling mengisi antara Islam dan sains. Dalam pembelajaran biologi, implementasi integrasi Islam dan sains diharapkan dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa pada bidang kajian biologi yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam. Untuk itu peneliti tertarik meneliti Integrasi Islam dan Sains dalam Mata pelajaran Biologi di SMA Negeri Ambulu. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi integrasi Islam dan sains pada pembelajaran biologi di SMA Negeri Ambulu? (2) Bagaimana strategi guru dalam mengintegrasikan Islam dan sains pada pembelajaran biologi di SMA Negeri Ambulu? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi integrasi Islam dan sains pada pembelajaran biologi di SMA Negeri Ambulu? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Mendeskripsikan implementasi integrasi Islam dan sains pada pembelajaran biologi di SMA Negeri Ambulu. (2) Mendeskripsikan strategi guru dalam mengintegrasikan Islam dan sains pada pembelajaran biologi di SMA Negeri Ambulu. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi integrasi Islam dan sains pada pembelajaran biologi di SMA Negeri Ambulu. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil Penelitian ini adalah: 1) Implementasi integrasi Islam dan sains pada pembelajaran biologi di SMA Negeri Ambulu masih belum terkonsep dengan baik dalam kurikulum sekolah, penanaman nilai-nilai Islam tersebut masih bersifat hidden curriculum. 2) Dalam perencanaan guru berusaha menyelipkan ayat Al-Qur’an dalam materi pembelajaran dalam RPP, dalam pelaksanaan guru telah mengintegrasikan materi biologi dan Islam dengan cara mengkonfirmasi materi dengan ayat Al-Qur’an yang sesuai serta memberi gambaran tentang ayat tersebut, dalam evaluasi guru menggunakan tiga aspek penilaian yaitu kognitif dengan cara memberi tugas kelompok dan individu; aspek psikomotorik dengan cara menilai keterampilan siswa saat presentasi kelompok di depan kelas; dan aspek afektif dengan menilai perilaku dan sikap siswa ketika proses pembelajaran sebagai hasil dari penanaman nilai-nilai Islam pada mata pelajaran biologi. 3) Faktor pendukung adalah guru yang kompeten terhadap bidang sains dan agama, sarana dan prasarana yang memadai serta semangat siswa ketika pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat adalah tingkat pemahaman setiap siswa berbeda-beda, agama siswa yang beragam, materi biologi yang terlalu banyak, guru kesulitan dalam membuat perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran biologi yang terintegrasi dengan Islam, dan kesulitan mengatur alokasi waktu agar materi biologi dapat diintegrasikan dengan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:48
Last Modified: 21 Oct 2022 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13817

Actions (login required)

View Item View Item