Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Media Tari Topi Saya bagi Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Aisyah Desa Suci Kecamatan Panti Jember Tahun Pelajaran 2019/2019

Indariani, Dewi Retno (2019) Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Media Tari Topi Saya bagi Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Aisyah Desa Suci Kecamatan Panti Jember Tahun Pelajaran 2019/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Dewi Retno Indariani_T201511052.pdf - Submitted Version

Download (17MB)

Abstract

Beberapa aspek perkembangan anak yang dapat dikembangkan untuk usia dini diantaranya aspek moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni. Mengingat banyak aspek perkembangan yang harus dimiliki oleh anak, maka rangsangan dan stimulus yang diberikan harus tepat. Dalam konteks penelitian ini, salah satu kemampuan anak yang harus ditingkatkan adalah aspek motorik kasar anak melalui media tari topi saya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1), bagaimana peningkatan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak lokomotor melalui media tari topi saya bagi anak kelompok B di Raudhatul Athfal Aisyah Desa Suci Kecamatan Panti Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. 2), bagaimana peningkatan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak non lokomotor melalui media tari topi saya bagi anak kelompok B di Raudhatul Athfal Aisyah Desa Suci Kecamatan Panti Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Aisyah Desa Suci Kecamatan Panti Jember. Penentuan subyek informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1) peningkatan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak lokomotor melalui media tari topi saya bagi anak kelompok B di Raudhatul Athfal Aisyah Desa Suci Kecamatan Panti Jember dilakukan dengan melatih dan membimbing kemampuan motorik kasar anak dalam hal keseimbangan dinamis, yaitu gerakan yang melibatkan pertumbuhan otot-otot besar, daya tahan, dan kekuatan anak. Adapun bentuk-bentuk peningkatan kemampuan motorik kasar anak pada keseimbagan dinamis melalui media tari topi saya, yaitu gerakan berjalan dan melompat secara seimbang dan lincah. Keseimbangan dan kelincahan anak kelompok B ini diajarkan melalui media tari topi saya dengan rutin dan teratur. 2) peningkatan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak non lokomotor melalui media tari topi saya bagi anak kelompok B di Raudhatul Athfal Aisyah Desa Suci Kecamatan Panti Jember dilakukan dengan melatih dan membimbing peningkatan motorik kasar anak pada aspek non lokomotor, khususnya dalam meningkatkan keseimbangan statis anak, yaitu gerakan memutar, menekuk, mengayun, dan mengangkat secara seimbang dan lincah. Keseimbangan dan kelincahan anak kelompok B ini diajarkan melalui media tari topi saya dengan rutin dan teratur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:47
Last Modified: 21 Oct 2022 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13819

Actions (login required)

View Item View Item