Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan bagi anak di Raudhatul Athfal Nurul Iman Serut Kecamatan Panti Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Hikmah, Faiqotul (2019) Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan bagi anak di Raudhatul Athfal Nurul Iman Serut Kecamatan Panti Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Faiqotul Hikmah_T201511079.pdf - Submitted Version

Download (11MB)

Abstract

Aspek perkembangan motorik merupakan proses memperoleh keterampilan dan pola gerakan yang dapat dilakukan anak. Keterampilan motorik diperlukan untuk mengendalikan tubuh. Perkembangan motorik ini mendukung perkembangan aspek-aspek lainnya. Seluruh aspek perkembangan anak tidak dapat berjalan terpisah karena akan terjadi ketimpangan jika salah satu aspek tidak berjalan sesuai dengan yang seharusnya. Keterampilan motorik kasar merupakan bagian dari perkembangan motorik yang meliputi gerak seluruh tubuh atau sebagian besar tubuh. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) bagaimana upaya peningkatan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak lokomotor melalui permainan bagi anak di Raudhatul Athfal Nurul Iman Serut Kecamatan Panti Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?, (2) bagaimana upaya peningkatan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak non lokomotor melalui permainan bagi anak di Raudhatul Athfal Nurul Iman Serut Kecamatan Panti Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Nurul Iman Serut Kecamatan Panti Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: (1) upaya peningkatan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak lokomotor melalui permainan bagi anak di Raudhatul Athfal Nurul Iman Serut Kecamatan Panti Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 dilakukan dengan cara guru memilih media permainan yang sesuai dengan perkembangan usia anak didik serta memilih permainan yang mendukungan dalam menunjang kemampuan morik kasar anak didik. Adapun permainan yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak lokomotor adalah melalui permainan bola karet dan permainan papan titian. Berkaitan dengan aspek lokomotor ini, gerakan pada permainan bola karet adalah melatih anak didik dalam melempar dan menangkap. Sedangkan pemilihan permainan papan titian digunakan sebagai penunjang dalam melatih kemampuan otot anak, baik berjalan berjalan dengan tetap menjaga keseimbangan tubuh di atas papan titian dan meloncat pendek di atas papan titian. (2) upaya peningkatan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak non lokomotor melalui permainan bagi anak di Raudhatul Athfal Nurul Iman Serut Kecamatan Panti Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 dilakukan melalui permainan bola karet dan permainan kereta putar. Permainan bola karet ini sendiri dilakukan dengan melempar dan menangkap bola karet, dalam rangka melatih kelenturan dan koordinasi otot jari dan tangan, memacu pertumbuhan dan pengembangan fisik motorik, melatih keterampilan/ketangkasan gerak dan berpikir anak. Pada peningkatan kemampuan non lokomotor fokusnya terletak bagaimana mendidik anak didik untuk bisa belajar menjaga keseimbangan statik, yaitu kemampuan mempertahankan posisi tubuhnya agar tidak goyang atau roboh ketika melakukan gerakan ditempat. Adapun upaya tersebut dilakukan dengan cara guru memberi pengarahan disertai contoh gerakan dalam memainkan permainan kereta putar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:47
Last Modified: 21 Oct 2022 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13820

Actions (login required)

View Item View Item