Pengembangan Keterampilan Sosial Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Curahdami Bondowoso

TONO, SISWAN (2019) Pengembangan Keterampilan Sosial Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Curahdami Bondowoso. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SISWANTONO_T20151290.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Keterampilan sosial sangat penting dimiliki oleh setiap individu agar mampu berinteraksi dengan orang lain. Keterampilan sosial membantu remaja untuk dapat menyesuaikan diri dengan standar harapan masyarakat dalam norma-norma yang berlaku di masyarakat. Oleh karena itu remaja perlu dibekali keterampilan untuk hidup dan bekerjasama, keterampilan untuk mengontrol diri dan orang lain, keterampilan untuk saling berinteraksi antar yang satu dengan yang lain, dan sebagainya. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan dan lembaga kemasyarakatan yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam mempersiapkan generasi muda agar memiliki kualitas diri dimasa depan agar terwujud sesuai dengan tujuan pendidikan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana metode pengembangan keterampilan sosial pada santri di Pondok Pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Curahdami Bondowoso (2) Apa saja faktor penunjang dan penghambat dalam pengembangan keterampilan sosial pada santri di Pondok Pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Curahdami Bondowoso.?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1)Mendeskripsikan metode pengembangan keterampilan sosial pada santri di Pondok Pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Curahdami Bondowoso. (2) Mendeskripsikan faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan pengembangan keterampilan sosial pada santri di Pondok Pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Curahdami Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Analisis datanya menggunakan teknik Miles and Huberman yakni,pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian ini yaitu, (1) metode pengembangan keterampilan sosial pada santri di pondok pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Curahdami Bondowoso program dan rutinitas yang ada di pesantren antara lain yakni: madrasah diniyah, pengajian, khitobah, bertani dan piket. Di madrasah diniyah metode yang digunakan adalah diskusi kelompok, inquiry, tutorial. kegiatan pengajian metode yang digunakan yakni metode pemecahan masalah, sosiodrama, seminar. Dalam kegiatan Khitobah metode yang digunakan ialah metode ceramah, tutorial. Di kegiatan bertani metode yang digunakan ialah metode tutorial. Kegiatan piket melatih santri dalam bekerjasama (2) faktor-faktor yang menjadi penunjang dalam pengembangan keterampilan sosial pada santri berasal dari motivasi diri sendiri, motivasi orang lain seperti kiyai, ustadz, sesama santri dan fasilitas yang tersedia. Faktor penghambatnya ialah malas, egois dan santri menganggap remeh peraturan di pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:47
Last Modified: 21 Oct 2022 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13821

Actions (login required)

View Item View Item