Pelaksanaan Program Bina Syakhsiyyah Islamiyah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Shintari, Meilia (2019) Pelaksanaan Program Bina Syakhsiyyah Islamiyah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Meilia Shintari_T20151205.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Masa pendidikan di sekolah dasar merupakan dasar pembinaan pribadi anak, masa ini merupakan kesempatan pertama yang sangat baik untuk membentuk kepribadian anak, terlebih lagi kepribadian yang Islami. Kepribadian Islam merupakan serangkaian perilaku normatif manusia, baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial, yang normanya diturunkan dari ajaran Islam, yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Sunnah. Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember merupakan lembaga swasta yang melaksanakan program Bina Syakhsiyyah Islamiyah dalam rangka membentuk kepribadian Islami siswa. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tujuan pelaksanaan program Bina Syakhsiyyah Islamiyah (BSI) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana materi pelaksanaan program Bina Syakhsiyyah Islamiyah (BSI) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana metode pelaksanaan program Bina Syakhsiyyah Islamiyah (BSI) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 4) Bagaimana evaluasi pelaksanaan program Bina Syakhsiyyah Islamiyah (BSI) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan tujuan pelaksanaan program Bina Syakhsiyyah Islamiyah (BSI) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Mendeskripsikan materi pelaksanaan program Bina Syakhsiyyah Islamiyah (BSI) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Mendeskripsikan metode pelaksanaan program Bina Syakhsiyyah Islamiyah (BSI) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 4) Mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan program Bina Syakhsiyyah Islamiyah (BSI) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Tujuan pelaksanaan program Bina Syakhsiyyah Islamiyah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember adalah untuk membentuk kepribadian Islami peserta didik, meningkatkan ketakwaan peserta didik kepada Allah, menumbuhkan pola pikir dan pola sikap siswa yang Islami, menambah wawasan dan pengetahuan siswa tentang sejarah maupun kehidupan pada zaman Rosulullah, meneladani sikap dan sifat Rosulullah dan para sahabatnya, memperbaiki akhlak peserta didik yang kurang baik, dan menambah materi Pendidikan Agama Islam. 2) Materi program Bina Syakhsiyyah Islamiyah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama terdiri dari 4 tema besar yaitu: Akidah, Akhlak, Ibadah, dan Adab. 3) Metode pelaksanaan program Bina Syakhsiyyah Islamiyah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember di kelas 1 menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktik langsung. Di kelas 2, dan 3 menggunakan metode yang sama, yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan metode diskusi. 4) Evaluasi pelaksanaan program Bina Syakhsiyyah Islamiyah di SDIT Insantama Jember dengan cara mengamati dan memantau perilaku siswa secara langsung dan tidak langsung. Hasil dari pengamatan tersebut kemudian dicantumkan pada raport peserta didik dalam bentuk deskripsi sebagai catatan atau laporan sikap dan perilaku selama tengah semester dan akhir semester. Apabila guru melihat langsung siswa yang perilakunya menyimpang maka langsung dipanggil dan diberi nasehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:47
Last Modified: 21 Oct 2022 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13822

Actions (login required)

View Item View Item