Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Kuning Pada Santri Lanjut Usia di Pondok Pesantren Miftahul Huda Sruni Jenggawah Tahun 2019

Prasetyo, Joko (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Kuning Pada Santri Lanjut Usia di Pondok Pesantren Miftahul Huda Sruni Jenggawah Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Joko Prasetyo_T20151179.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah. Harapan masyarakat terhadap pendidikan sangat besar untuk merubah jalan hidup bangsa ini ke arah yang lebih baik. Kenyataan ini juga terdapat di pondok pesantren Miftahul Huda, yang pada umumnya menitik beratkan kepada pengembangan jiwa beragama dan ilmu agama. Karena dilingkungan sekitar pondok Pesantren Miftahul Huda masyarakatnya kurang mendalami ilmu agama, sehingga salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni dengan menerapkan Pembelajaran Kitab Kuning Pada Santri Lanjut Usia. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam penelitian ini diantaranya adalah, 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab kuning pada santri lanjut usia di Pondok Pesantren Miftahul Huda Sruni Jenggawah Tahun 2019? 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab kuning pada santri lanjut usia di Pondok Pesantren Miftahul Huda Sruni Jenggawah Tahun 2019? 3. Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab kuning pada lanjut usia di Pondok Pesantren Miftahul Huda Sruni Jenggawah Tahun 2019? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang : Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran kitab kuning pada lanjut usia di Pondok Pesantren Miftahul Huda Sruni Jenggawah Tahun 2019 Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Lokasi yang dipilih adalah Pondok Pesantren Miftahul Huda Sruni Jenggawah. Penelitian ini menggunakan teknik penentuan subjek penelitian dengan kriteria tertentu (purposive). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran kitab kuning pada santri lansia diawali dengan merencanakan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan merencanakan alat atau media guna untuk memperlancar proses pembelajaran pendidikan agama Islam. (2) Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning pada santri lansia dilakukan dengan tiga tahapan pembelajaran, tahap awal, tahap inti dan tahap akhir (3) Evaluasi pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Miftahul Huda menggunakan evaluasi setiap pertemuan dengan menggunkan tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:47
Last Modified: 21 Oct 2022 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13823

Actions (login required)

View Item View Item