Penerapan Metode Al-I’jaz Dalam Menerjemah Al- Qur’an Di MTs Asy-syafi’iyyah Sukorejo Bangsalsari Jember.

AHSANI, IZZA MUFIDA (2019) Penerapan Metode Al-I’jaz Dalam Menerjemah Al- Qur’an Di MTs Asy-syafi’iyyah Sukorejo Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
IZZA MUFIDA AHSANI_084 141 262.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Al-Quran harus menggunakan metode. Metode yang tepat akan menjamin tercapainya tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dan merata bagi peserta didik. Pendidikan dapat diartikan sebagai sebuah proses dengan metodemetode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan. Fokus penelitian di skripsi ini adalah 1) Bagaimana Pengenalan nahwu dasar metode al-I’jaz dalam menerjemah Al-Qur’an di MTs Asy-syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari Jember? 2) Bagaimana Penerapan shorof dasar metode al- I’jaz dalam menerjemah Al-Qur’an di MTs Asy-syafi’iyahSukorejo Bangsalsari Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan pengenalan nahwu dasar metode al-I’jaz dalam menerjemah Al-Qur’an di MTs Asy-syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari Jember. 2) Mendiskripsikan penerapan shorof dasar metode al-I’jaz dalam menerjemah Al-Qur’an di MTs Sy-syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat dihasikan sebagai berikut: 1. Pembuatan persiapan metode Al-I’jaz dalam menerjemah Al-qur’an di MTs Asy-syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari Jember dengan memerintah siswa dan siswi untuk mempelajari terlebih dahulu pelajaran yang akan di bahas di pertemuan yang akan datang dan siswa-siswi diberi waktu 5 menit sebelum pelajaran berakhir untuk membaca ulang lagi, hal ini agar siswa dan siswi tidak mudah lupa apa yang mereka pelajari sebelumnya. 2. Pelaksanaan metode pembelajaran Al-I’jaz dalam menerjemah Al-qur’an di MTs Asy-syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari Jember guru meminta siswa dan siswi untuk menghafalkan materi-materi yang akan dipelajari, dan guru mengenalkan materi-materi nahwu shorof dasar yang dibuat untuk mempelajari metode al-i’jaz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:47
Last Modified: 21 Oct 2022 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13825

Actions (login required)

View Item View Item