Pelestarian Budaya Menghafal Al-Qur’an Melalui Program Karantina Tahfidz Al-Qur’an di Ma’had Ibnu Katsir Putri Kabupaten Jember

Nurfitriani, Eka (2019) Pelestarian Budaya Menghafal Al-Qur’an Melalui Program Karantina Tahfidz Al-Qur’an di Ma’had Ibnu Katsir Putri Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Eka Nurfitriani_T20151083.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Pelestarian budaya menghafal Al-Qur’an melalui program Karantina Tahfidz Al-Qur’an adalah suatu proses yang dilaksanakan secara terus-menerus yang didalamnya terdapat kegiatan menghafal Al-Qur’an yaitu berupa ziyadah (menambah hafalan) dan muraja’ah dengan target yang sudah ditentukan yaitu 25 juz dengan waktu dan tempat yang sudah ditentukan. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu, 1) Bagaimana perencanaan pelestarian budaya menghafal Al-Qur’an melalui program karantina tahfidz Al- Qur’an di Ma’had Ibnu Katsir putri kabupaten Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pelestarian budaya menghafal Al-Qur’an melalui program karantina tahfidz Al- Qur’an di Ma’had Ibnu Katsir putri kabupaten Jember? 3) Bagaimana evaluasi pelestarian budaya menghafal Al-Qur’an melalui program karantina tahfidz Al- Qur’an di Ma’had Ibnu Katsir putri kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelestarian budaya menghafal Al-Qur’an melalui program karantina tahfidz Al-Qur’an di Ma’had Ibnu Katsir putri kabupaten Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara bebas terpimpin, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan pelestarian budaya menghafal Al-Qur’an melalui program karantina tahfidz Al-Qur’an di Ma’had Ibnu Katsir putri kabupaten Jember yaitu: a) menetapkan tujuan program b) penentuan waktu pelaksanaan karantina, pembuatan jadwal , penetapan target hafalan yang harus dicapai, penentuan tempat, penentuan kelompok-kelompok halaqah, pembuatan tata tertib c) menerapkan rencana tersebut yang berupa pelaksanaan program karantina 2) Pelaksanaan pelestarian budaya menghafal Al-Qur’an melalui program karantina tahfidz Al-Qur’an di Ma’had Ibnu Katsir putri kabupaten Jember yaitu dimulai dari jam 02.30 sampai jam 21.30, kegiatan yang dilakukan yaitu melaksanakan salat sunnah dan salat wajib berjama’ah, halaqah, muraja’ah, istirahat dan evaluasi. Dan terdapat juga pelaksanaan berdasarkan kalender karantina tahfidz Al-Qur’an yaitu ujian sebulan satu kali selama 2 hari, tasmi’ bersama teman, tasmi’ bersama keluarga, uji publik, dan wisuda 3) Evaluasi pelestarian budaya menghafal Al-Qur’an melalui program karantina tahfidz Al- Qur’an di Ma’had Ibnu Katsir putri kabupaten Jember yaitu menggunakan evaluasi hasil yaitu evaluasi melalui buku mutaba’ah dan ujian yang dilakukan 2 hari dalam 1 bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:47
Last Modified: 21 Oct 2022 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13826

Actions (login required)

View Item View Item