Hj Mahmudah, S.Ag, M.Ei, 2019 : Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Meminimalisir Tingkat Pengangguran Di Kabupaten Jember Periode 2016-2019 Ditinjau Dari Teori Analisis Kebijakan Publik.

PRATAMA W., M. SYAHRUR ROMADHONI (2019) Hj Mahmudah, S.Ag, M.Ei, 2019 : Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Meminimalisir Tingkat Pengangguran Di Kabupaten Jember Periode 2016-2019 Ditinjau Dari Teori Analisis Kebijakan Publik. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
M. SYAHRUR ROMADHONI PRATAMA W_S20153004.pdf - Submitted Version

Download (29MB)

Abstract

Dari sektor geografis, Jember merupakan kota dengan sumber daya alam yang sangat baik.Dewasa ini, Jember sering di sebut sebagai kota pendidikan, Salah satu alasan yang menjadikan Jember sebagai kota pendidikan adalah lingkungan yang ramah dengan biaya hidup terjangkau. Kampus-kampus yang ada di Jember tidak kalah bersaing dengan kampus lain yang ada di kota-kota besar seperti Malang dan Surabaya, banyak mahasiswa dari luar daerah yang menempuh pendidikan di kota Jember.Akan tetapi ada satu hal yang sangat di sayangkan dari kota ini, yaitu tingkat pengangguran yang tergolong tinggi. Hal ini disebabkan karena Jember bukan merupakan kota industri sehingga lapangan pekerjaan pun terbilang sedikit jika di bandingkan dengan kota-kota industri seperti Pasuruan, Gersik, Sidoarjo dan lain-lain. Selain itu masyarakat Jember masih bergantung pada sumber daya alam seperti pertanian, perkebunan dan sektor kelautan. Fokus masalah yang di teliti adalah: 1) Bagaimana kebijakan pemerintah daerah dalam meminimalisir tingkat pengangguran di kabupaten Jember jika di tinjau dari analisis kebijakan publik. 2) Bagaimana implimentasi kebijakan pemerintah daerah dalam mengurangi tingkat pengangguran ditinjau dari teori implementasi kebijakan publik ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kebijakan pemerintah daerah dalam meminimalisir tingkat pengangguran di kabupaten jember lalu di analisis menggunakan teori analisis kebijakan publik. 2) untuk mendeskripsikan implementasi yang telah dilakukan pemerintah Kabupaten Jember dalam meminimalisir tingkat pengangguran Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif (deskriptif). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kebijakan publik integrasi. Kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut : 1) Berdasarkan bentuknya kebijakan pemerintah daerah dalam meminimalsir pengangguran relevan dengan bentuk integrasi, berdasarkan model perumusanya relevan dengan model teori rasionalisme, model toeri normative antri, berdasarkan pelaksanaanya relevan dengan model indikatif, berdasarkan ruanglingkupnya relevan dengan kebijakan universal, berdasarkan jenis permasalahan relevan dengan model komprehensif. 2) dalam mengimplementasikan kebijakan, mulai dari kebijakan umum, kebijakan penciptaan kesempatan kerja, kebijakan pelatihan kerja, kebijakan penempatan tenaga kerja, kebijakan hubungan industrial, kebijakan pengawasan tenaga kerja, hanya beberapa saja yang sudah berjalan dan menuai kesuksesan, selebihnya masih belum berjalan dikarenakan kurangnya anggaran daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 09:53
Last Modified: 21 Oct 2022 09:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13830

Actions (login required)

View Item View Item