Pelaksanaan Program Adiwiyata Di SMP Negeri Sukorambi Tahun Pelajaran 2021/2022

Mentari, Ayunda (2022) Pelaksanaan Program Adiwiyata Di SMP Negeri Sukorambi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ayunda Mentari_T20179046.pdf

Download (4MB)

Abstract

Lingkungan bagi manusia merupakan salah satu unsur yang begitu penting didalam kehidupannya, karena lingkungan tidak saja sebagai tempat tinggal manusia beraktivitas, tetapi juga sangat berperan dalam mendukung berbagai aktivitas manusia. Dengan adanya lingkungan, semua kebutuhan hidup manusia telah tersedia. Namun saat ini, banyak sekali kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia, mereka melakukan eksploitasi terhadap lingkungan. Oleh karenanya pendidikan saat ini dituntut untuk melaksanakan kegiatan yang mampu mengembangkan sikap peduli lingkungan pada peserta didik. Program adiwiyata menjadi sebuah terobosan dalam mewujudkan manusia peduli lingkungan sejak belajar dibangku sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan program adiwiyata melalui pembelajaran intra dan ekstrakurikuler yang terintegrasi dengan penerapan perilaku ramah lingkungan hidup di SMP Negeri Sukorambi tahun pelajaran 2021/2022, (2) mendeskripsikan pelaksanaan program adiwiyata melalui pembiasaan diri yang terintegrasi dengan penerapan ramah lingkungan hidup di SMP Negeri Sukorambi tahun pelajaran 2021/2022, (3) mendeskripsikan pelaksanaan program adiwiyata melalui membentuk jejaring kerja dan komunikasi di SMP Negeri Sukorambi tahun pelajaran 2021/2022, (4) mendeskripsikan pelaksanaan program adiwiyata melalui kampanye dan publikasi gerakan perilaku dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah di SMP Negeri Sukorambi tahun pelajaran 2021/2022.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan program adiwiyata melalui pembelajaran intra dan ekstrakurikuler berupa menjadikan pendidikan lingkungan hidup sebagai mata pelajaran yang mandiri, dan pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup pada mata pelajaran IPS dan IPA, pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup melalui kegiatan ektrakurikuler pramuka, pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup dengan program sekolah meliputi kegiatan kebersihan, konversi energi, daur ulang barang bekas, pemilahan sampah organik dan anorganik. 2) Pelaksanaan program adiwiyata melalui pembiasaan diri meliputi: penanaman karakter peduli lingkungan dan pelayanan kantin sehat. 3) Pelaksanaan program adiwiyata melalui membentuk jejaring kerja dan komunikasi yaitu: mengadakan pelatihan, menjaga komunikasi yang baik dengan seluruh warga sekolah, melibatkan warga sekolah khususnya peserta didik dalam seluruh kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan, studi banding. 4) Pelaksanaan program adiwiyata melalui kampanye dan publikasi yaitu: melakukan orasi di lingkungan sekolah, publikasi melalui media cetak dan media sosal serta pemasangan slogan atau poster.

Ayunda Mentari, 2022: Pelaksanaan Program Adiwiyata di SMP Negeri Sukorambi tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Ayunda Mentari
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:12
Last Modified: 24 Oct 2022 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13852

Actions (login required)

View Item View Item