Penerapan Metode Jarimatika Pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Kelas IV SDN 4 Banyubiru Bali Tahun Pelajaran 2021/2022

Aldi, Yulianto Prayoga (2022) Penerapan Metode Jarimatika Pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Kelas IV SDN 4 Banyubiru Bali Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
ALDI YULIANTO PRAYOGA_T20184057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Matematika adalah pelajaran yang dihindari dibandingkan dengan mata pelajaran yang lalin, dilihat dari pelajaran matematika banyak siswa yang kesulitan belajar berhitung. Sehingga guru memberikan metode jarimatika dalam proses pembelajaran matematika pada materi operasi bilangan. Salah satu metode yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam berhitung yaitu menggunakan metode jarimatika. Siswa dapat menggunakan jari tangan untuk menyelesaikan permasalahan yang berhitung dalam aturan formasi tangan dengan penyelesaian dari tangan. Selain fleksibel, metode pembelajaran tangan ini tidak merusak daya ingat anak selama proses pembelajaran, sehingga tingkat keberhasilan dan kemudahan penggunaan lebih tinggi.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode jarimatika pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN 4 Banyubiru Bali. 2) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung penggunaan metode jarimatika pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN 4 Banyubiru Bali?. Tujuan pada penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan penerapan metode jarimatika pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN 4 Banyubiru Bali. 2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung metode jarimatika pada pembelajaran matematika di SDN 4 Banyubiru Bali.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Sumber data penetuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) guru dan siwa menghitung dengan jari-jari tangan dan guru membuat suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan. 2) faktor pendukung metode jarimatika media pembelajaran yang mudah, praktis, efisien, dan lebih menarik. Ditemukan faktor penghambat metode jarimatika yaitu keterbatasan wawasan guru dalam menerapkan metode jarimatika dan tingkat pemahaman peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Aldi Yulianto Prayoga
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:08
Last Modified: 24 Oct 2022 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13853

Actions (login required)

View Item View Item