Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh Kelas X IPA di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Ayyub, Mukarromah (2022) Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh Kelas X IPA di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ayyub Mukarromah_T20181140.pdf

Download (53MB)

Abstract

Abstrak
Ayyub Mukarromah, 2022. Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh Kelas X IPA di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember Tahun Pelaran 2021/2022
Kata Kunci: Pembelajaran Contextual Teaching and Learnig (CTL), Hasil Belajar
Pembelajaran kontekstual membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata, dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Pembelajaran kontekstual merupakan prosedur pembelajaran yang menghubungkan kehidupan siswa dengan lingkungan sosial dan kebiasaan dimasyarakat.
Fokus penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil siswa mata pelajaran Fiqh Kelas X IPA di Mandrasah Aliyah (MA) Unggulan Nuris Jember Tahun Pelaran 2021/2022, yang diklasifikasi ke dalam tiga ranah: (1) kognitif, (2) afektif, dan (3) psikomotorik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqh Kelas X IPA di MA Unggulan Nuris Jember Tahun Pelaran 2021/2022, pada tiga ranah: (1) kognitif, (2) afektif, dan (3) psikomotorik
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitiannya adalah: pertama, hasil belajar kognitif siswa penilaian yang dicapai yaitu pengetahuan, pemahaman, dan penerapan siswa di dalammaupun di luar kelas, dari penilaian tersebut diketahui bahwa hasil belajar siswa sudah mampu mencapai KKM. Kedua, hasil belajar afektif siswa adalah suatu sikap siswa dalam kesungguhannya mengikuti mata pelajaran Fiqh yang diberikan. Penilaian yang dilakukan dari hasil belajar afektif siswa ada tiga tingkatan yaitu menerima, merespon, dan penilaian. Ketiga hasil bahwa hasil belajar psikomotorik siswa merupakan keterampilan siswa yang berhubungan dengan aktifivitas fisik. Penilaian yang dilakukan dari hasil belajar psikomotorik siswa ialah menenai kesiapan dan mekanisme siswa didalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ayyub Mukarromah
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:05
Last Modified: 24 Oct 2022 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13856

Actions (login required)

View Item View Item