Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Sosial Keagamaan Desa Menurut UU No. 06 Tahun 2014 Tentang Desa di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso.

ISTANIAH, KAMILIA HURYYATI (2019) Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Sosial Keagamaan Desa Menurut UU No. 06 Tahun 2014 Tentang Desa di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
KAMILIA HURYYATI ISTANIAH_S20153007.pdf - Submitted Version

Download (17MB)

Abstract

Pemerintahan daerah seperti tersebut di atas dasar pasal 18 Undang-Undang dasar 1945 yang menyatakan bahwa pembagian Daerah Indonesia atas Daerah Besar dan Kecil dengan bentuk dan susunannya ditetapkan dengan Undang-Undang dengan memandang dan mengingat dasar permusyawaratan dalam system pemerintahan Negara hak-hak asalusul dalam daerah-daerah yang bersifat istimewa. Secara historis desa merupakan cikal bakal terbentuknya masyarakat politik dan pemerintahan di Indonesia jauh sebelum Negara bangsa ini terbentuk. Struktur social sejenis desa, masyarakat adat dan lain sebagainya telah menjadi isntitusi sosial yang mempunyai posisi yang sangat penting. Desa merupakan institusi yang otonom dengan tradisi, adat istiadat dan hukumnya sendiri serta relative mandiri. Fokus penelitian dari skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran Badan Persmusyawaratan Desa dalam menampung aspirasi masyarakat menurut UU No. 06 Tahun 2014 tentang Desa di Desa Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana peran Badan Permusyawaratan Desa dalam Sosial Keagamaaan Desa? 3) Bagaimana pelaksanaan Badan Permusyawaratan Desa di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso? 4) Apa yang mempengaruhi peran Badan Permusyawaratan Desa dalam sosial keagamaan di Desa Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peran Badan Permusyawaratan Desa dalam menampung aspirasi masyarakat menurut UU No 06 Tahun 2014 tentang Desa di Desa Wonosari Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk mengetahui peran Badan Permusyawaratan Desa dalam sosial keagamaan Desa. 3) Untuk mengetahui Pelaksanaan BPD di Desa Wonosari 4). Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi peran Badan Permusyawaratan Desa dalam sosial keagamaan di Desa Wonosari Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif yaitu menggunakan penelitian lapangan (field research) yang di dapat dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber, triangangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu : 1) BPD sudah menjalankan peran dan fungsinya sesuai dengan UU No. 06 Tahun 2014 tentang Desa. 2) Peran BPD hanya menetapkan agenda untuk kegiatan keagamaan yang di adakan setiap satu bulan satu kali yaitu sholawat nariyah dan hotmil qur’an, dan kegiatan santunan kepada anak yatim dan janda pada saat bulan ramdhan tiba. Kegiatan tersebut di anggarkan melalui APBDesa yang di atur dalam Peraturan Bupati Bondowoso No 89 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa untuk tahun anggaran 2019. 3) Yang mendukung dalam peran BPD diantaranya yaitu masyarakat, hubungan antara masyarakat dan pemerintah desa, pendapatan/insentif, adapun faktor penghambat yaitu masyarakat kurang memahami fungsi dan peran BPD dan juga ada masyarakat yang pro dan contra terhadap setiap keputusan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:27
Last Modified: 24 Oct 2022 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13865

Actions (login required)

View Item View Item