Keluarga Sakinah Dalam Persepsi Pasangan Suami Istri Yang Belum Memiliki Keturunan Di Desa Tegalwangi Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember tahun 2019

UMAM, NASIKHUL (2019) Keluarga Sakinah Dalam Persepsi Pasangan Suami Istri Yang Belum Memiliki Keturunan Di Desa Tegalwangi Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
NASIKHUL UMAM_083 141 023.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

perkawinan adalah melaksanakan sunnah Nabi, membangun keluarga yang bahagia dan sejahtera, juga untuk mempersatukan keluarga dan meneruskan keturunan. Kehadiran keturunan di letakkan untuk meneruskan silsilah keluarga. Sebuah pernikahan akan lebih bahagia dan sempurna bila akan hadirnya seorang anak. beberapa keluarga yang sudah lebih di usia 10 (Sepuluh) tahun menikah akan tetapi masih belum di karuniai keturunan. Usia pernikahan yang panjang yakni sepuluh tahun bukan merupakan waktu yang singkat untuk di jalani besama dalam membangun keluarga tanpa hadirnya seorang anak. Fokus penelitian: 1) Bagaimana persepsi pasangan suami isteri yang belum memiliki keturunan tentang keluarga sakinah di desa tegalwangi? 2) bagaimana strategi pasangan suami isteri yang belum memiliki keturunan dalam membangun keluarga sakinah? Sedangkan tujuan : 1) Untuk mengetahui Bagaimana persepsi pasangan suami isteri yang belum memiliki keturunan tentang keluarga sakinah. 2) Untuk mengetahui Bagaimana strategi pasangan suami isteri yang belum memiliki keturunan dalam membangun keluarga sakinah. Metode penelitian yang di gunakan ialah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, penelitian kualitatif sebagai suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan responden, dan melakukan studi pada situasi yang dialami. Pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber. Hasil penelitian: 1) persepsi suami isteri yang belum memiliki keturunan tentang keluarga sakinah di sini kesedihan dan kesepian yang mendalam karena belum memiliki keturunan, berlandaskan rasa saling mencintai ikhlas tulus serta berkomitmen hidup bersama, pasangan ini tetap bahagia. 2) strategi pasangan suami isteri yang belum memiliki keturunan dalam membangun keluarga sakinah yakni dengan rasa saling mencintai antara pasangan dan Menyenangkan hati Pasangan Suami Isteri, mendekatkan diri kapada allah ikhlas dalam menjalani kehidupan, ikhtiar, pasrah dan berdoa, berusaha keras dengan bermacam macam usaha dalam mencapai keinginan. mengangkat anak saudara atau tetangga dekat, merawat dan menganggapnya seperti anak sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:27
Last Modified: 24 Oct 2022 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13870

Actions (login required)

View Item View Item