Perspektif Hakim Pengadilan Agama Jember Terhadap Fungsi Pos Bantuan Hukum Sebagai Pelayanan Bantuan Hukum Masyarakat Dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberi Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

MAHARTIKA, DEWI (2019) Perspektif Hakim Pengadilan Agama Jember Terhadap Fungsi Pos Bantuan Hukum Sebagai Pelayanan Bantuan Hukum Masyarakat Dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberi Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Afivani Hilda Dinuria_S20151009.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Peneliti mengambil judul “Perspektif Hakim Pengadilan Agama Jember Terhadap Fungsi Pos Bantuan Hukum Sebagai Pelayanan Bantuan Hukum Masyarakat Dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberi Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan” ialah dikarenakan sebagai Negara Hukum, setiap hal atau perbuatan yang kita lakukan, perlu adanya aturan. Seperti halnya PERMA Nomor 1 Tahun 2014 yang mengatur tentang Pos Bantuan Hukum yang mana didalamnya juga terdapat beberapa fungsi dari Pos Bantuan Hukum. Selain itu peneliti juga meminta pendapat Hakim terhadap kinerja Pos Bantuan Hukum Pengadilan Agama Jember, karena Hakim adalah satu yang berperan penting didalam Peradilan. Dengan banyaknya perkara yang ada di Pengadilan Agama Jember, peneliti ingin mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan fungsi Posbakum Pengadilan Agama Jember dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2014? (2) Bagaimana perspektif Hakim Pengadilan Agama Jember terhadap Fungsi Posbakum Sebagai Pelayanan Bantuan Hukum Masyarakat dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2014 (Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di pengadilan)? Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan pendekatan kualitatif yang mana datanya dinyatakan dalam bentuk analisis tanpa menggunakan teknik statistik. Peneliti juga menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), yaitu lebih menitik beratkan pada hasil pengumpulan data dan informan atau responden yang telah peneliti tentukan yaitu di Pengadilan Agama Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1). kinerja Pos Bantuan Hukum Pengadilan Agama Jember sudah menerapkan sebagaimana fungsi yang ada di PERMA Nomor 1 Tahun 2014, bahwa fungsi Posbakum ialah memberi Bantuan Hukum berupa informasi, konsultasi, advis hukum dan pembuatan berkas. Meskipun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki bahkan ditingkatkan mengenai pelayanan di Pos Bantuan Hukum Pengadilan Agama Jember misalnya dalam pembuatan surat Gugatan dan surat Permohonan. 2). Hakim juga berpendapat bahwasannya kinerja dari Pos Bantuan Huum Pengadilan Agama Jember sudah cukup baik, namun harus tetap ditingkatkan, bertujuan agar pelaksanaan dalam proses persidangan berjalan dengan lancar dan para pencari keadilan dapat terbantu secara maksimal. Karena hasil dari kinerja Posbakum Pengadilan Agama Jember sangat berpengaruh dalam berjalannya proses persidangan dan Putusan yang dibuat oleh Hakim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:27
Last Modified: 24 Oct 2022 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13871

Actions (login required)

View Item View Item