Implementasi Asuransi Bagi Jamaah haji Berdasarkan Undang-Undang No 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggara Ibadah Haji Di Kabupaten Bondowoso

ULUM, RAHMATUL (2019) Implementasi Asuransi Bagi Jamaah haji Berdasarkan Undang-Undang No 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggara Ibadah Haji Di Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
RAHMATUL ULUM_S20152041.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke lima. Undang-Undang penyelenggaraan Ibadah Haji No 13 tahun 2008 adalah salah satu yang mejelaskan tentang adanya asuransi untuk jamaah Haji. Asuransi merupakan perlindungan finansial terhadap jamaah calon haji atas musibah yang dapat terjadi selama menjalankan Ibadah Haji. Permasalahannya hampir semua jamaah calon haji sebagai pengguna asuransi haji tidak mengetahui atau tidak memahami tentang adanya asuransi haji yang digunakannya, dan jamaah calon haji juga tidak mengetahui Asuransi seperti apa yang akan di berikan oleh pemerintah kepada jamaah calon haji apakah sudah sesuai dengan yang di jelaskan di dalam Undang-Undang. Maka perlu untuk lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana perlindungan yang akan di berikan kepada Jamaah calon hajisebagai pengguna asuransi Haji. Fokus Penelitian yang diangkat dalam penelitian ini diantaranya:1). Bagaimana Pengaturan Pelaksanaan Asuransi Bagi Jamaah calon haji di Kabupaten Bondowoso ? 2) Bagaimana Sistem Pelaksanaan asuransi Bagi Jamaah calon haji Di Kabupaten Bondowoso ? 3) Bagaimana Analisis Undang-Undang No 13 Tahun 2008 Terhadap Pelaksanaan Asuransi Bagi Jamaah calon haji Di Kabupaten Bondowoso ? Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk Mengetahui Bagaimana Pengaturan asuransi Bagi Jamaah calon haji di Kabupaten Bondowoso. 2.Untuk Menganalisa Bagaimana Sistem Pelaksanaan asuransi Bagi Jamaah calon haji di Kabupaten Bondowoso. 3.Untuk Mengetahui Bagaimana analisis Undang-Undang No 13 Tahun 2008 Terhadap Pelaksanaan asuransi Bagi Jamaah calon haji di Kabupaten Bondowoso. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang artinya data-data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, Pengaturan pelaksanaan asuransi untuk jamaah calon haji di Kabupaten Bondowoso berupa perlindungan finansial terhadap jamaah calon haji atas musibah yang dapat terjadi selama menjalankan ibadah haji. Pasal 51 ayat 1 dan 2 sudah menjelaskan tentang adanya perlindungan untuk jamaah calon haji perupa asuransi haji. Kedua, Sistem pelaksanaan asuransi jamaah calon haji di Kabupaten Bondowoso tidak ada sosialisasi dari Kementerian agama maupun dari PT. Asuransi Takaful Keluarga, sehingga jamaah calon haji tidak mengetahui tentang adanya asuransi haji untuk jamaah calon haji, dan Bagaimana sistem pelaksanaa asuransi haji untuk jamaah calon haji. Karna jamaah haji adalah pengguna asuransi tersebut. Ketiga berdasarkan data di lapangan, pengaturan dan pelaksanaan asuransi haji di Kabupaten Bondowoso sudah sesuai yang sudah di jelaskan di dalam Undang-Undang akan tetapi yang menjadi titik permasalah yaitu proses berjalanya pelaksanaan asuransi haji yang belum transparan kepada jamaah calon haji di Kabupaten Bondowoso tentang adanya asuransi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:41
Last Modified: 24 Oct 2022 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13876

Actions (login required)

View Item View Item