Implementasi Etika Demokrasi dalam Pemilihan Kepala Desa Perspektif Fiqh Siyasah (Studi di Desa Randu Cangkring Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso).

NITA, SU (2019) Implementasi Etika Demokrasi dalam Pemilihan Kepala Desa Perspektif Fiqh Siyasah (Studi di Desa Randu Cangkring Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SUNITA_ S20153013.pdf - Submitted Version

Download (29MB)

Abstract

Demokrasi memiliki arti sebagai suatu bentuk politik pemerintahan yang ditentukan oleh rakyat. Rakyatlah yang menentukan siapa saja mereka yang memiliki kekuasaan dan berhak untuk memerintah. Indonesia merupakan Negara yang menganut sistem demokrasi. Pemilihan kepala desa Randu Cangkring Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso merupakan bentuk praktek demokrasi langsung dipedesaan. Dalam praktek sendiri di Desa Randu Cangkring yang terpenting dikedepankan adalah proses pemilhan yang memegang teguh tiga aspek penting, yaitu aspek kompetisi antar calon, partisipasi dan kebebasan. Tapi demokrasi juga mempunyai etika dalam cara penyampaian aspirasi hak pilih, proposional dan mengkitik pada tempatnya, sehingga tidak asal-asalan. Namun dalam praktiknya tidak mudah terselenggara karena ada money politic, petugas TPS tidak netral, dan menggunakan hak pilih bukan atas dirinya hingga saling menjelek-jelekan. Mengenai fokus penelitian diantaranya: 1) Bagaimana Implementasi Etika Demokrasi dalam pemilihan kepala desa Randu Cangkring kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Etika Demokrasi dalam pemilihan kepala Desa Randu Cangkring Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso ? Mengenai tujuan penelitian diantaranya: 1) Untuk mengetahui Implementasi Etika Demokrasi dalam pemilihan kepala Desa Randu Cangkring Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso?. 2) Untuk menganalisa Implementasi Etika Demokrasi dalam pemilihan kepala Desa Randu Cangkring Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso. Dalam penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode field research. Sementara teknik penelitiannya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data, yaitu diantaranya reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sementara untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1). Implementasi Etika Demokrasi dalam pemilihan kepala Desa Randu Cangkring Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso sudah terwujud walaupun tidak sepenuhnya, dan berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan ketentuan undang-undang ataupun fiqh siyasah. Melalui Demokrasi dapat memberikan kebebasan untuk berpendapat atau menyuarakan hak pilihnya masing-masing tetapi Demokrasi juga harus tetap dalam kerangka Etika agar tidak jadi Demokrasi yang keterlaluan. Tanpa adanya Etika Demokrasi dalam pemilihan kepala desa tersebut akan terjadi kekacauan. 2). Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Implementasi Dalam pemilihan kepala Desa di desa Randu Cangkring Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso sudah berjalan dengan baik, damai, adil dan tidak bertentangan dengan fiqh siyasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:03
Last Modified: 24 Oct 2022 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13879

Actions (login required)

View Item View Item