Cashback Uang Elektronik Ovo Sebagai Alat Pembayaran Perspektif Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia No: 116/Dsn-Mui/Ix/2017 Tentang Uang Elektronik Syariah (Studi Kasus di Lippo Plaza Jember

SEKARSARI, PUTRI AJENG (2019) Cashback Uang Elektronik Ovo Sebagai Alat Pembayaran Perspektif Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia No: 116/Dsn-Mui/Ix/2017 Tentang Uang Elektronik Syariah (Studi Kasus di Lippo Plaza Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
PUTRI AJENG SEKARSARI_S20152006.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Transaksi antara penerbit dengan pengguna uang elektronik OVO menggunakan akad qardh. Hal ini sesuai dengan Fatwa No.116/DSNMUI/ IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah yang didalamnya telah mengatur akad-akad yang dapat digunakan dalam transaki uang elektronik, salah satunya yaitu akad qardh yang dipraktikkan dalam transaksi uang elektronik OVO. Selain mengatur mengenai ketentuan akad, dalam Dalam Fatwa No.116/DSNMUI/ IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah juga ditegaskan bahwa transaksi uang elektronik syariah harus terhindar dari riba, namun dengan bertransaksi menggunakan uang elektronik OVO, pengguna OVO mendapatkan keuntungan berupa cashback. Artinya cashback yang diperoleh pengguna OVO tersebut merupakan keuntungan yang bersumber dari akad qardh, dimana dalam prinsip dasar dan kaidah fiqih muamalah dijelaskankan bahwa semua hutang yang menghasilkan manfaat maka itu adalah riba. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana mekanisme pemberian cashback dalam transaksi pembayaran menggunakan Uang Elektronik OVO di Lippo Plaza Jember? 2) Apa akad yang digunakan antara penerbit dengan pemegang Uang Elektronik OVO ditinjau dari Fatwa DSN-MUI NO: 116/DSNMUI/ IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah ? 3) Bagaimana cashback uang elektronik OVO dalam transaksi pembayaran ditinjau dari perspektif Fatwa DSNMUI NO: 116/DSN-MUI/IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah? Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu suatu langkah prosedur untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dari sudut perspektif partisipan. Dan menggunakan jenis penelitian studi lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan langsung dengan terjun ke lapangan untuk mendapatkan data yang lengkap dan valid tentang objek penelitian. Jika ditinjau dari tujuan penelitian hukumnya, penelitian ini merupakan penelitian hukum sosiologis atau empris. Hasil penelitian ini adalah 1) Besar cashback ditentuan oleh marchant masing-masing dan berupa prosentas. OVO Points memiliki masa berlaku 12 bulan sejak diterbitkan. 2) Akad yang digunakan antara penerbit dengan pengguna uang elektronik OVO adalah akad qardh (utang piutang). 3) Cashback yang diperoleh pengguna OVO dari transaksi yang dilakukan merupakan manfaat dari piutang, dan hukumnya adalah haram karena termasuk dalam golongan riba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:21
Last Modified: 24 Oct 2022 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13884

Actions (login required)

View Item View Item