Pelaksanaan Perlindungan Hukum terhadap tenaga kerja Perempuan menurut Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan di PT Bina Artha Ventura Desa Ajung kecamatan Ajung kabupaten Jember.

ANISAH, SITI (2019) Pelaksanaan Perlindungan Hukum terhadap tenaga kerja Perempuan menurut Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan di PT Bina Artha Ventura Desa Ajung kecamatan Ajung kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SITI ANISAH_S20152048.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Pekerja atau buruh perempuan mendapatkan hak yang sama dengan pekerja laki-laki, dapat memilih pekerjaan atau menduduki jabatan tepat dimana pekerja/buruh perempuan tersebut bekerja perlindungan hukum terhadap pekerja perempuan masih belum sepenuhnya terlaksana.peraturan-peraturan cuti hamil, waktu kerja/ jam kerja dan cuti haid. Hal ini tersebut dapat mengatur para pekerja perempuan akan hak dan kewajibannya sebagai seorang pekerja. Fokus penelitian ini adalah : 1) bagaimana Regulasi Perlindungan tentang Hak tenaga kerja Perempuan yang dipakai di PT Bina Artha Ventura desa Ajung? 2) bagaimana penerapan perlindungan Hukum terhadap tenaga kerja perempuan di PT Bina Artha Ventura Desa Ajung kecamatan Ajung kabupaten Jember? 3) bagaimana perlindungan hukum terhadap tenaga kerja perempuan di PT Bina Artha Ventura desa Ajung kabupaten Jember menurut Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan? Metode yang dipakai adalah pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah yuridis empiris yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan di masyarakat. Hasil penelitian ini adalah : 1) regulasi perlindungan tentang hak tenaga kerja perempuan di PT. Bina Artha ventura desa Ajung kecamatan Ajung kabupaten Jember, perlindungan meliputi perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja. 2) perlindungan tentang waktu kerja/ jam kerja, pemenuhan hak cuti haid dan hamil yang ada di PT. Bina Artha Ventura. Untuk jam kerja yang ada di PT Bina Artha Ventura desa Ajung belum sesuai dengan UU ketenagakerjaan pada pasal 77 UU No 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Hak cuti haid sudah sesuai dengan UU ketenagakerjaan dalam pasal 81 ayat 1 UU no,13 tahun 2003 sedangkan hak cuti hamil yang diberikan oleh PT. Bina Artha Ventura desa Ajung sudah berjalan dengan baik sesuai dengan pasal 82 ayat 1 UU No 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. 3) perlindungan hukum terhadap tenaga kerja perempuan di PT. Bina Artha Ventura desa Ajung kecamatan Ajung kabupaten Jember menurut UU No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Untuk jam kerja yang ada di PT. Bina Artha Ventura masih belum sesuai dengan UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan pasal 77. untuk perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja yang ada di PT bina Artha berjalan dengan baik sesuai dengan UU ketenagakerjaa. Hak cuti haid sudah berjalan dengan baik sesuai dengan UU ketenagakerjaan pasal 81. Untuk hak cuti hamil sudah berjalan dengan baik sesuai dengan Undang-undang ketenagakerjaan pada pasal 82.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 24 Oct 2022 07:04
Last Modified: 24 Oct 2022 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item View Item