Implementasi Strategi Digital Marketing Pada Segmen B2C (Business to Customer) Guna Menarik Minat Nasabah Pemula PT Pegadaian (Persero) Deputy Bisnis Area Jember.

SOFIYA, IDA (2020) Implementasi Strategi Digital Marketing Pada Segmen B2C (Business to Customer) Guna Menarik Minat Nasabah Pemula PT Pegadaian (Persero) Deputy Bisnis Area Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
IDA SOFIYA_E20161083.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Berkembangnya era digitalisasi di bidang ekonomi di dunia membuka kesempatan pasar yang luas bagi berbagai perusahaan dan pelaku-pelaku usaha lainnya. Transisi era digitalisasi ini juga menyebabkan penyimpangan strategi dan taktik komersial secara tradisional, termasuk juga dalam strategi pemasaran. Di era digitaisasi ini perkembangan pemasaran menuju level baru, dari sebelumnya menggunakan strategi pemasaran yang konvensional (face to face) menjadi online (screen to face) dimana hal ini menyebabkan peningkatan pengguna internet serta pengguna media sosial tidak terkecuali di Indonesia. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja strategi digital marketing yang dilaksanakan oleh PT Pegadaian (Persero) Deputy Bisnis Area Jember? 2) Bagaimana implementasi strategi digital marketing pada segmen B2C (Business to Customer) guna menarik minat nasabah pemula PT Pegadaian (Persero) Deputy Bisnis Area Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui strategi digital marketing apa saja yang dilaksanakan oleh PT Pegadaian (Persero) Deputy Bisnis Area Jember. 2) untuk mengetahui bagaimana implementasi atau penerapan strategi digital marketing pada segmen B2C (Business to Customer) guna menarik minat nasabah pemula PT Pegadaian (Persero) Deputy Bisnis Area Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Implementasi strategi digital marketing PT. Pegadaian (Persero) Deputy Bisnis Area Jember dengan cara menentukan konsep digital marketing yang akan digunakan serta dipadukan dengan salah satu bauran pemasaran konvensional yaitu promotion mix. 2) strategi digital marketing yang digunakan oleh PT Pegadaian (Persero) Deputy Bisnis Area Jember menggunakan konsep digital marketing Digital Devices, Digital Platforms, Digital Media, Digital Data, dan Digital Technology. 3) PT Pegadaian (Persero) Deputy Bisnis Area Jember menerapkan media radio, platform media sosial, website, dan aplikasi digital dalam memperkenalkan produknya. 4) keunggulan penerapan digital marketing adalah memudahkan dalam melakukan kegiatan pemasaran, memudahkan nasabah mendapatkan informasi, menghemat waktu dan usaha, mengjangkau nasabah secara menyeluruh, biaya yang dikeluarkan lebih murah, dan meningkatkan brand awareness PT Pegadaian (Persero).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 00:56
Last Modified: 25 Oct 2022 00:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13908

Actions (login required)

View Item View Item