Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Aplikasi Rapor Digital (ARD) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

NURMALA, IRMA (2020) Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Aplikasi Rapor Digital (ARD) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
IRMA NURMALA_T20164004.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Penilaian dalam kurikulum 2013 revisi guru dituntut untuk merencanakan serta melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar peserta didik secara utuh dan menyeluruh. Membuat guru mengalami beberapa hambatan dalam pengelolaan penilaian hasil belajar, dikarenakan banyaknya aspek penilaian yang masih dijabarkan lagi menjadi beberapa instrumen. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam meluncurkan Aplikasi Rapor Digital (ARD) terkait dengan penilaian hasil belajar siswa untuk salah satu implementasi dari Juknis Penilaian Hasil Belajar pada MI (SK Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2018). Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah termasuk pembaharuan kemajuan teknologi untuk efektifitas dan efisiensi dalam pengelolaan penialain hasil belajar yang dilakukan oleh madrasah. Adapun fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana evaluasi dalam penilaian hasil belajar di MIN 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?; 2) Bagaimana proses implementasi Aplikasi Rapor Digital (ARD) dalam penilaian hasil belajar di MIN 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?; 3) Bagaimana kelebihan dan kekurangan implementasi Aplikasi Rapor Digital (ARD) dalam penilaian hasil belajar di MIN 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mendeskripsikan evaluasi dalam penilaian hasil belajar di MIN 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020; 2) Untuk mendeskripsikan proses implementasi Aplikasi Rapor Digital (ARD) dalam penilaian hasil belajar di MIN 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020; 3) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan implementasi Aplikasi Rapor Digital (ARD) dalam penilaian hasil belajar di MIN 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitiannya studi kasus. Penentuan subjek menggunakan Snowball sampling. Teknik pengumpuan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) evaluasi dalam penilaian hasil belajar di MIN 3 Jember ditunjukan dengan dilaksanakannya tes, pengukuran, dan penilaian. Hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan kompetensi yang ditetapkan untuk tahapan remidial dan pengayaan. 2) Implementasi Aplikasi Rapor Digital (ARD) dalam penilaian hasil belajar melibatkan operator dan guru, karena didalamnya terdapat dua akun, yaitu akun operator (proktor) dan akun guru. 3) Kelebihan dan kekurangan implementasi Aplikasi Rapor Digital (ARD) dalam penilaian hasil belajar yaitu: kelebihan; a) memudahkan pekerjaan guru untuk melakukan penilaian, b) ARD sudah tertulis deskripsi mulai dari penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, c) penggunaan ARD otomatis membuat guru harus terampil dalam penggunaan IT, d) data tidak akan hilang. Kekurangan; a) aplikasi ARD terhubung dengan server online, b) pengerjaan akun guru dibebankan kepada operator, c) data dalam ARD harus terisi, d) tidak ada penilaian tengah semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 00:57
Last Modified: 25 Oct 2022 00:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

View Item View Item