Implementasi Program Pengembangan Ekonomi dalam Pengentasan Kemiskinan di Dusun Paceh Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember.

Rowibuddin, Moh. (2020) Implementasi Program Pengembangan Ekonomi dalam Pengentasan Kemiskinan di Dusun Paceh Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Moh. Rowibuddin_E20152141.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Masalah kemiskinan sampai saat ini menjadi masalah yang berkepanjangan. Salah satu program pengentasan kemiskinan yaitu Program Pengembangan Ekonomi. Program Pengembangan Ekonomi merupakan suatu program yang memberikan bantuan berupa bantuan hewan ternak, bantuan paket sembako, dan bedah rumah kepada keluarga miskin jika mereka memenuhi persyaratan. Fokus masalah yang ditelitidalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana implementasi Program Pengembangan Ekonomi dalam pengentasan kemiskinan di Kampung Zakat Terpadu Dusun Paceh Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember? (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Program Pengembangan Ekonomi di Kampung Zakat Terpadu Dusun Paceh Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi Program Pengembangan Ekonomi dalam pengentasan kemiskinan di Kampung Zakat Terpadu Dusun Paceh Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. (2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Program Pengembangan Ekonomi dalam pengentasan kemiskinan di Kampung Zakat Terpadu Dusun Paceh Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang mengambil objek di Kampung Zakat terpadu Dusun paceh Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara analisis yang digunakan menggunakan analisis drskriptif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama sosiaisasi Program Pengembangan Ekonomi di kampung Zakat Terpadu Dusun Paceh Desa Jambearum sudah dilaksanakan dengan baik, yang menjadi pelaksana kebijakan adalah Kemenag Jember khususnya Peyelenggara Syariah dan dibantu oleh BAZNAS dan LAS kabupaten Jember, SOP yang digunakan mengacu pada pedoman Kemenag Kabupaten Jember, sumber daya anggaran dan peralatan sudah cukup bersumber dari dana UPZ, BAZNAS, LAS dan anggaran Kemenag, penetapan manajeman pelaksana kebijakan terdapat satu koordinator di Kampung Zakat Terpadu, jadwal kegiatan direncana dari awal kegiatan oleh pelaksana kebijakan, proses validasi data dilaksanakan sesuai prosedur, kedua sosialisasi awal sudah dilaksanakan dengan baik, sumber daya terdiri dari sumber daya manusia sudah cukup (jumlah dan keahlian), sumberdaya anggaran sudah cukup bersumber dari dana UPZ, BAZNAS dan LAZ, sumber daya peralatan sudah cukup bersumber dari dana anggaran Kemenag, sumber daya informasi dan kewenangan sudah jelas, disposisi sikap dan perilaku pelaksana sudah baik, dan struktur birokrasi yang sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 00:57
Last Modified: 25 Oct 2022 00:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13914

Actions (login required)

View Item View Item