Strategi Bertahan Dengan Inovasi Pemasaran Home Industry Peralatan Masak Aluminium Dalam Persaingan Antar Usaha Di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember.

Yulistyowati, Rofikoh (2019) Strategi Bertahan Dengan Inovasi Pemasaran Home Industry Peralatan Masak Aluminium Dalam Persaingan Antar Usaha Di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Rofikoh Yulistyowati_E20152115.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Pada zaman sekarang ini tidak mudah bagi pelaku usaha untuk mempertahankan usaha atau bisnis yang di jalani, dalam menjalankan usaha perlu adanya berbagai cara untuk mempertahankan keunggulan dari produk yang di miliki oleh pengusaha untuk menghadapi persaingan. Persaingan yang sangat ketat tentunya menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan bagi setiap pelaku usaha, terutama persaingan antar sesama jenis, hal ini merupakan suatu permasalahan bagi setiap pelaku usaha yang menjalankan bisnis. Persaingan mencakup semua penawaran dan produk substitusi yang ditawarkan oleh pesaing, baik yang aktual maupun yang potensial, yang mungkin dipertimbangkan oleh seorang pembeli. Untuk mempertahankan keberlangsungan hidup usaha perlu adanya strategi yang digunakan dalam setiap pelaku usaha, karena dalam setiap aktivitas usaha perlu menggunakan strategi untuk mempertahankan usahanya. Sehingga dengan hal ini peneliti memfokuskan penelitian dengan : 1) bagaimana strategi bertahan dengan inovasi pemasaran home industry peralatan masak aluminium dalam persaingan antar usaha di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember, 2) bagaimana proses pemasaran yang digunakan oleh pengusaha home industry peralatan masak aluminium untuk menghadapi persaingan antar usaha tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) strategi bertahan home industri peralatan masak aluminium dalam persaingan antar usaha di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember 2) untuk mengetahui proses pemasaran yang digunakan oleh pengusaha industri peralatan masak aluminium untuk menghadapi persaingan antar usaha tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif serta mengambil jenis penelitian lapangan (field research) dimaksudkan agar peneliti dapat melakukan pengamatan secara langsung di lapangan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui secara detail mengenai strategi bertahan dengan inovasi pemasaran home industry peralatan masak aluminium dalam persaingan antar usaha di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Dari setiap pelaku usaha strategi yang di gunakan ialah 1) strategi bertahan dengan inovasi pemasaran berbasis kualitas produk, 2) strategi bertahan dengan inovasi pemasaran berbasis pelayanan, 3) pemilik usaha tidak menggunakan strategi inovasi pemasaran berbasis merek. Lalu Proses pemasaran yang digunakan untuk bersaing oleh pemilik home industry ialah proses pemasaran, 1) penetapan produk, 2) penetapan harga, 3) promosi, dan 4) distribusi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 00:58
Last Modified: 25 Oct 2022 00:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13916

Actions (login required)

View Item View Item