ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBELUM DAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2020

Sari, Venanda Amalya (2022) ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBELUM DAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2020. Diploma thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI VENANDA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Venanda Amalya Sari, Dr. Hj. Nurul Setianingrum, SE., M.M, 2022: “Analisis Laporan Keuangan Sebelum Dan Selama Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2019-2020”.
Kinerja keuangan adalah analisis yang dilakukan untuk mengevaluasi efisiensi dan efektivitas perusahaan dalam mendapatkan keuntungan. Ukuran kinerja keuangan perusahaan dapat dilihat dengan menganalisis laporan keuangan yang disajikan. Laporan keuangan merupakan hasil gambaran perkembangan usaha pada perusahaan yang dapat dijadikan acuan untuk menilai kinerja keuangan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah ada perbedaan kinerja keuangan sebelum dan selama masa pandemi covid-19 pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2019-2020 jika dilihat dari rasio profitabilitas yang diproksikan pada Return On Investment (ROI)? 2) Apakah ada perbedaan kinerja keuangan sebelum dan selama masa pandemi covid-19 pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2019-2020 jika dilihat dari rasio likuiditas yang diproksikan pada Current Ratio (CR)? 3) Apakah ada perbedaan kinerja keuangan sebelum dan selama masa pandemi covid-19 pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2019-2020 jika dilihat dari rasio solvabilitas yang diproksikan pada Debt To Equity Ratio (DER)? 4) Apakah ada perbedaan kinerja keuangan sebelum dan selama masa pandemi covid-19 pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2019-2020 jika dilihat dari rasio aktivitas yang diproksikan pada Total Assets Turn-Over (TATO)?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan selama masa pandemi Covid-19 pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2019-2020 jika dilihat dari rasio profitabilitas yang diproksikan pada Return On Investment (ROI), rasio likuiditas yang diproksikan Current Ratio (CR), rasio solvabilitas yang diproksikan Debt To Equity Ratio (DER), dan rasio aktivitas yang diproksikan Total Assets Turn-Over (TATO).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang bergerak pada subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2020. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 18 perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi yang diambil dari website Bursa Efek Indonesia dan website perusahaan. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji beda Wilcoxon Signed Rank Test, dan diolah menggunakan program SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan sebelum dan selama masa pandemi covid-19. Hal ini dapat dilihat dari uji Wilcoxon Signed Rank Test yang menunjukkan bahwa Current Ratio (CR) memperoleh nilai Asymp. Sig 0,486> 0,05 dan variabel Debt To Equity Ratio (DER) memperoleh nilai Asymp. Sig 0,816> 0,05. Sedangkan untuk variabel Return On Investment (ROI) dan Total Assets Turn-Over (TATO) menunjukkan terdapat perbedaan kinerja keuangan sebelum dan selama masa pandemi covid-19. Hal ini dapat dilihat dari uji Wilcoxon Signed Rank Test yang menunjukkan bahwa Return On Investment (ROI) memperoleh nilai Asymp. Sig 0,004<0,05 dan variabel Total Assets Turn-Over (TATO) memperoleh nilai Asymp. Sig 0,006<0,05.

Kata Kunci: Return On Investment, Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Assets Turn-Over, Kinerja Keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Venanda Amalya Sari
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:15
Last Modified: 26 Oct 2022 02:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13923

Actions (login required)

View Item View Item