Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Di MI Nurul Huda Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020

Niwati, Niwati (2020) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Di MI Nurul Huda Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Niwati_T20164048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Gerakan Literasi Sekolah, kemampuan membaca, kemampuan menulis

Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu program yang bisa memperbaiki kemampuan membaca dan menulis. Program inilah yang nantinya akan menjadi kunci terbentuknya budaya luhur yakni sekolah yang memiliki tata kebiasaan membaca dan menulis salah satunya di MI Nurul Huda Bondowoso. MI Nurul Huda adalah salah satu Madrasah yang telah melakukan tata kebiasaan membaca dan menulis di dalam kelas dan di luar lingkungan sekolah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di MI Nurul Huda Bondowoso? 2) Bagaimana pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di MI Nurul Huda Bondowoso? 3) Bagaimana evaluasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di MI Nurul Huda Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di MI Nurul Huda Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di MI Nurul Huda Bondowoso.3) Untuk mendeskripsikan evaluasi gerakan liteasi sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di MI Nurul Huda Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Lokasi penelitian ini di MI Nurul Huda Bondowoso. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan data condensation, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini: 1) Perencanaan implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di MI Nurul Huda Bondowoso, yaitu: a) Sekolah mengadakan rapat dengan wali murid; b) Perencanaan pelaksanaan GLS di sesuaikan dengan kurikulum K-13; c) Mempersiapkan fasilitas sarana dan prasarana literasi yang lengkap untuk menunjang terlaksananya gerakan literasi sekolah di MI Nurul Huda; d) Selalu berkoordinasi dengan wali murid agar peserta didik di biasakan membaca di rumah; e) Penerapan GLS di lakukan pada semua mata pelajaran baik itu umum maupun agama; 2) Pelaksanaan implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di MI Nurul Huda Bondowoso, ada beberapa tahapan yang dilakukan, yaitu: a) Tahap pembiasaan; Kunjungan perpustakaan sekolah, melakukan kegiatan membaca setiap pagi atau morning reading, sekolah menyediakan bahan bacaan koleksi teks dalam bentuk cetak. b) Tahap pengembangan; Kunjungan perpustakaan daerah, perpustakaan keliling dan melakukan pembelajaran di luar lingkungan sekolah; c) Tahap pembelajaran; Pembelajaran di dalam kelas dengan mengadakan kegiatan membaca setiap pagi atau morning reading, guru menggunakan strategi SQ3R pada saat kegiatan membaca, pengadaan pajangan dan mading kelas. Pembelajaran dilakukan di luar kelas atau Outdoor Study di lakukan di perpustakaan daerah dan perpustakaan keliling dan lingkungan di luar sekolah; 3) Evaluasi implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di MI Nurul Huda Bondowoso, ada beberapa tahapan yang dilakukan, yaitu: a) Melengkapi saranaprasarana serta fasilitas yang masih di nilai kurang lengkap seperti bahan bacaan; b) Mengadakan rapat seminggu sekali sebagai tolak ukur dan perbaikan berhasil atau tidaknya MI Nurul Huda dalam mengimplementasikan gerakan literasi sekolah; c) Mengadakan pojok baca untuk setiap masing-masing kelas untuk menunjang kemampuan membaca dan menulis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:57
Last Modified: 15 Feb 2021 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item