Pembinaan Mental Spiritual Peserta Didik Melalui Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 03 Jember Tahun Ajaran 2018 / 2019.

Oktafiani, Luky Karunia (2019) Pembinaan Mental Spiritual Peserta Didik Melalui Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 03 Jember Tahun Ajaran 2018 / 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Luky Karunia Oktafiani_084141390.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Pembinaan mental spiritual peserta didik sangatlah penting sekalipun lembaga tersebut tidak berbasis pada pendidikan agama. 1) Penelitian ini difokuskan pada: Bagaimana pembinaan mental spiritual pada peserta didik melalui pengembangan pembelajaran PAI di SMK Negeri 03 Jember? 2) Apa saja kendala dalam pembinaan mental spiritual pada peserta didik melalui pengembangan pembelajaran PAI di SMK Negeri 03 Jember? 3) Bagaimana upaya guru PAI mengatasi kendala dalam pembinaan mental spiritual pada peserta didik melalui pengembangan pembelajaran PAI di SMK Negeri 03 Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pembinaan mental spiritual pada peserta didik melalui pengembangan pembelajaran PAI di SMK Negeri 03 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan apa saja kendala dalam pembinaan mental spiritual pada peserta didik melalui pengembangan pembelajaran PAI di SMK Negeri 03 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan upaya guru PAI mengatasi kendala dalam pembinaan mental spiritual pada peserta didik melalui pengembangan pembelajaran PAI di SMK Negeri 03 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan / field research. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data sampai penarikan kesimpulan. Keabsahan data di cek dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik serta menggunakan bahan rujukan atau refrensi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembinaan mental spiritual peserta didik melalui pengembangan pembelajaran PAI dilakukan dengan adanya hafalan Al- Qur’an Juz 30 dan dengan diadakannya kegiatan solat dhuha dan dhuhur berjamaah secara rutin dan terjadwal. 2) Adapun faktor yang menjadi kendala dari pembinaan mental spiritual pada peserta didik karena banyak hal. Yang pertama, karena faktor individu atau pribadi peserta didik masing-masing. Kedua, keluarga. Karena keluarga sangatlah berpengaruh dan menjadi andil dalam pembinaan mental spiritual peserta didik. Ketiga, lingkungan. Faktor lingkungan ini dapat dibagi menjadi lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Ketiga faktor ini tidak bisa lepas dari perhatian untuk sebuah intropeksi guru PAI dalam memberikan upaya menangani kendala tersebut. 3) Upaya guru PAI di SMK Negeri 03 Jember dalam mengatasi kendala tersebut ada berbagai macam. Dimulai dari pemberian nasihat-nasihat pada tiap kali tatap muka, pengawasan secara terbuka dengan diadakannya sebuah tempat curhat seperti BK (Bimbingan Konseling) sebagai wadah keluh kesah bagi peserta didik, melakukan pembiasaan-pembiasaan kegiatan dari pengembangan pembelajaran PAI itu sendiri, seperti diadakannya hafalan Al-Qur’an juz 30, sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah secara terjadwal dan rutin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:22
Last Modified: 25 Oct 2022 01:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13942

Actions (login required)

View Item View Item