Faktor-faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa MI Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/ 2019.

ZULFIANI, SILVI (2019) Faktor-faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa MI Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/ 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SILVI ZULFIANI_T20154079.pdf - Submitted Version

Download (19MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai faktor-faktor kesulitan belajar matematika siswa MI Da’watul Falah Kecamatan TegaldlimoKabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/ 2019. Di MI Da’watul Falah sebagian siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Di kelas 4, 5, dan 6 hanya terdapat sedikit yang berminat dalam matematika, yakni sebesar 25% dari jumlah siswa. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: 1) bagaimana kesulitan belajar matematika siswa MI Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/ 2019? 2) Apa faktor internal kesulitan belajar matematika siswa MI Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/ 2019? 3) Apa faktor eksternal kesulitan belajar matematika siswa MI Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/ 2019? Tujuan penelitian ini, adalah sebagai berikut. 1) Untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa MI Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/ 2019; 2) untuk mendeskripsikan faktor internal kesulitan belajar matematika siswa MI Da’watul Falah Kecamatan Tegaldimio Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/ 2019; 3) untuk mendeskripsikan faktor eksternal kesulitan belajar matematika siswa MI Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/ 2019. Untuk menjawab fokus penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian fenomenologi. Pemilihan subjek penelitian mengguanakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verivikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa di MI Da’watul Falah disebabkan karena salahnya mindset yang dibangun dari awal oleh siswa dan kesulitan terhadap materi yang sudah mereka pelajari. 2) Faktor–faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar, yaitu: a) minat belajar siswa yang rendah; b) motivasi yang dimiliki siswa tergolong rendah; c) keadaan fisik yang lemah dapat mengganggu kegiatan belajar siswa, serta gangguan pada indra mata juga mengganggu kegiatan belajar siswa. 3) Faktor–faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar, yaitu: a) guru kurang qualified dalam kegiatan belajarnya, hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dan tidak banyak menggunakan media belajar, serta hubungan siswa dengan murid tergolong baik; b) hubungan keluarga lumayan baik karena sebagian orang tua mendampingi anaknya ketika belajar, tetapi sebagian orang tua lainnya tidak mendampingi; c) sarana dan prasarana dalam media pembelajaran sudah tersedia antara 60 s.d. 75%; d) teman sebaya siswa tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:23
Last Modified: 25 Oct 2022 01:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13944

Actions (login required)

View Item View Item