Penerapan metode SAS (Struktur Analisis Sintetik) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II A Di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat Negara Bali Tahun Pelajaran 2018/2019

KHALIFAH, UMI (2020) Penerapan metode SAS (Struktur Analisis Sintetik) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II A Di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat Negara Bali Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
UMI KHALIFAH_T20154085.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Mujahidin Loloan Barat Negara Bali telah berlangsung dengan baik, namun demikian ada beberapa masalah yang dialami oleh siswa, salah satunya kurang memahami dalam membaca. Salah satu masalah yang dialami oleh siswa yaitu susah membedakan huruf. Hal ini ditunjukkan siswa saat pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung. Siswa di MI Mujahidin Loloan Barat Negara Bali tidak hanya kurang dalam membaca pembelajaran Bahasa Indonesia juga kurang memperhatikan saat proses pembelajaran berlangsung. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II A MI Mujahidin Loloan Barat Negara Bali TahunAjaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II A MI Mujahidin Loloan Barat Negara Bali Tahun Ajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II A MI Mujahidin Loloan Barat Negara Bali Tahun Ajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru kelas II A, dan siswa kelas II A MI Mujahidin Loloan Barat Negara Bali. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II A di MI Mujahidin Loloan Barat Negara Bali Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah 1) perencanaan penerapan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu, guru membuat RPP dan Silabus terlebih dahulu, selanjutnya guru menyiapkan materi yang sesuai, kemudian menyiapkan media, alat dan bahan, selain itu guru juga menyiapkan langkah-langkah kerjanya dan menyiapkan lembar kerja. 2) pelaksanaan penerapan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu, meliputi empat tahapan kegiatan diantaranya: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, penggunaan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik), dan kegiatan penutup. 3) evaluasi penerapan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu meliputi dua tahapan a) tes tertulis berbentuk soal-soal, isian singkat dan mengerjakan soal-soal, dan b) non tes dilihat dari sikap siswa selama mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:33
Last Modified: 25 Oct 2022 01:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13947

Actions (login required)

View Item View Item