Upaya Pendidik dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan - Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020

ROHMAH, KHIFIYATUR (2020) Upaya Pendidik dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan - Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
KHIFIYATUR ROHMAH_T20154087.pdf - Submitted Version

Download (19MB)

Abstract

Bahasa Arab salahsatu bahasa Asing bagi bangsa Indonesia, disebut asing karena tidak digunkan sebagai alat percakapan sehari-sehari. Kini zaman semakin moderen, masyarakat menyadari akan pentingnya belajara bahasa Asing salah satunya yaitu bahasa Arab, sehingga lembaga pendidikan menerapkan pembelajaran bahasa Arab di sekolah. Dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Asing yaitu bahasa Arab dibutuhkan upaya pendidik, agar peserta didik dapat mempelajari dan memahami sesuatu hal yang asing. Fokus penelitian dalam skripsi ini pertama, Bagaimana perencanaan pendidik dalam meningkatkan kecerdasan linguistik pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan - Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020? Kedua, Bagaimana pelaksanaan pendidik dalam meningkatkan kecerdasan linguistik pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan - Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020? Ketiga, Bagaimana evaluasi pendidik dalam meningkatkan kecerdasan linguistik pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan - Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini pertama, Mendeskripsikan perencanaan pendidik dalam meningkatkan kecerdasan linguistik pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan - Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Kedua, Mendeskripsikan pelaksanaan pendidik dalam meningkatkan kecerdasan linguistik pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan - Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Ketiga, Mendeskripsikan evaluasi pendidik dalam meningkatkan kecerdasan linguistik pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Maesan - Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan study kasus. Dalam menentukan sumber data menggunakan purposive sampling. Untuk mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan pada penelitian tersebut adalah (1) upaya yang dilakukan pendidik pada tahap perencanaan berupa menyusun lagu bertema mengenal kosakata bahasa Arab, menyiapkan media belajar berupa kertas yang tertulis kosakata kemudian di tempel pada benda-benda yang sesuai. (2) Upaya yang dilakukan pada tahap pelaksanaan menghafal kosakata menggunakan lagu, melakukan kegiatan mendengarkan, mengucapkan dan menulis. (3) Pada tahap evaluasi yaitu memberikan soal latihan yang bergambar, menggunakan metode talking stick untuk memberikan pertanyaan secara lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:44
Last Modified: 25 Oct 2022 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13948

Actions (login required)

View Item View Item