EFENDI, SUAIB (2020) Penerapan Media Visual dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Materi Akidah Akhlak MI Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
SUAIB EFENDI_084 158 008.pdf - Submitted Version Download (8MB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pembentukan moral siswa.Selain ditugaskan untuk pengembangan intelektual,guru juga memilki tugas penting untuk memberikan bimbingan dab arahan kepada siswa untuk berinteraksi dengan baik,dan berprilaku sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku berdasarkan hukum syariat di mata masyrakat.Norma dan nilai yang ditanamkan kepada siswa berupa pengembangan akidah ahlak siswa.Seperti halnya yang dilakukan guru dalam menanamkan ahalak di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember dengan teknik memberikan peringatan secara langsung kepada siswa untuk memperbaiki prilakunya.Suatu contoh pada masa kecilnya yaitu membiasakan mengucapkan salam dan bersalaman kepada kedua orang tua saat berangkat dan pulang sekolah dengan tujuan agar anak terbiasa menghormati orang yang lebih tua dan memilki ahlak mulia pemberian keteladanan dan nasihat pada saat pembelajaran atau setelah shalat dhuha dan shalat dhuhur bernama,ah. Fokus yang menjadi kajian penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan penerapan media visual dalam meningkatkan kreativitas siswa materi akidah ahlak MI Miftahul Ulum 03 Duren Ledokombo Jember tahun pelajara 2019/2020?. (2) Bagaimana hambatan penerapan media visual dalam meningkatkan kreativitas siswa materi akidah ahlak Ml Miftahul Ulum 03 Duren Ledokombo Jember tahun Pelajaran 2019/2020?. (3) Bagaimana efaluasi penerapan media visual dalam meningkatkan kreativitas siswa materi akidah akhlak MI Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran 2019/2020? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) study kasus yang siswa lV dan V MI Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember.Subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi pasif partisipan,wawancara bebas terpimpin,dan dokumentasi.Analisis menggunakan pengumpulan data,kondensasi data,penyajian data,dab penarikan kesimpulan.keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini, (1) Pelaksanaan penerapan media visual dalam meningkatkan kreativitas siswa materi akidah ahlak MI Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran 2019/2020 yaitu dengan cara menyisipkan materi akidah ahlak dalam setiap mata pelajaran,memberikan tausiah setiap selesai shalat dihadang shalat sejujur,siswa yang melakukan pelanggaran dinasehati atau diberi sangsi ,dicatat dalam buku jurnal kelas atau ditindak lanjuti oleh Waka Kesiswaan dengan melihat kasus yang diperbuat ; (2) Hambatan penerapan media visual dalam meningkatkan kreatvfitas siswa mata pelajaran akidah ahlak MI Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran 2019/2020 meliputi faktor lingkungan dan tan bermain; (3) Efaluasi penerapan media visual dalam meningkatkan kreativitas siswa mata pelajaran akidah ahlak Ml Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran 2019/2020 menunjukkan ada perubahan positif,karena siswa yang memiliki kasus lebih sedikit daripada siswa yang tidak memiliki catatan kasus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 01:44 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 01:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13949 |
Actions (login required)
View Item |