Jaminan Keselamatan Tenaga Kerja Serkel Kayu Di UD. Menara Gading Desa Pakusari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Dalam Perspektif UU NO. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, UU NO. 24 Tahun 2011 Tentang BPJS dan Fiqih Muamalah

Rodatul, Alfiah (2019) Jaminan Keselamatan Tenaga Kerja Serkel Kayu Di UD. Menara Gading Desa Pakusari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Dalam Perspektif UU NO. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, UU NO. 24 Tahun 2011 Tentang BPJS dan Fiqih Muamalah. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Alfiah Rodatul_083142062.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

UD. Menara Gading merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri pengolahan log kayu sengon yang ada di Desa Pakusari, Kecamatan Pakusari. Aktivitas produksinya mendapat perhatian langsung dari masyarakat, tidak lain karena dalam proses produksinya mulai dari persiapan bahan baku sampai finishing terdapat resiko berupa kecelakaan kerja yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan pekerja. Bahaya terhadap keselamatan pada proses produksi disebabkan karena dalam proses produksinya menggunakan mesin yang berbahaya, seperti mesin pemotong kayu berukuran besar, serta tidak adanya alat pelindung diri dan jaminan sosial tenaga kerja di perusahaan tersebut. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana sistem keselamatan tenaga kerja serkel kayu UD. Menara gading Desa Pakusari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana penerapan jaminan keselamatan tenaga kerja serkel kayu di UD. Menara Gading Desa Pakusari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Perspektif UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, UU No. 24 Tahun 2011 Tentang BPJS dan Fiqih Muamalah?, 3) Bagaimana perlindungan hukum terhadap keselamatan tenaga kerja serkel kayu di UD. Menara Gading Desa Pakusari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Perspektif UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, UU No. 24 Tahun 2011 Tentang BPJS dan Fiqih Muamalah? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan sistem jaminan keselamatan tenaga kerja serkel kayu di UD. Menara Gading Desa Pakusari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember, 2) Untuk mendeskripsikan penerapan jaminan keselamatan tenaga kerja serkel kayu di UD. Menara Gading Desa Pakusari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember, 3) Untuk mendeskripsikan perlindungan hukum terhadap keselamatan tenaga kerja serkel kayu di UD. Menara Gading Desa Pakusari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, analisis datanya yaitu mendiskripsikan objeknya dalam bentuk narasi yang didapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumenter. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) bahwa serkel kayu UD. Menara Gading Desa Pakusari sudah menerapkan sistem waktu kerja dan waktu istirahat sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, 2)bahwa serkel kayu UD. Menara Gading belum menerapkan keselamatan kerja terbukti dengan tidak adanya alat pelindung diri yang menjadi sarana keselamatan kerja yang disediakan oleh perusahaan, 3) bahwa serkel kayu UD. Menara Gading belum mendapatkan perlindungan hukum, baik perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja, pengupahan dan jaminan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:39
Last Modified: 25 Oct 2022 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13956

Actions (login required)

View Item View Item