Cara rekrutmen karyawan guna optimalisasi pelayanan pada customer paiton resort hotel di kabupaten Probolinggo selama masa pandemi covid 19

Thoyyibah, Roihatut (2022) Cara rekrutmen karyawan guna optimalisasi pelayanan pada customer paiton resort hotel di kabupaten Probolinggo selama masa pandemi covid 19. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI-ROIHATUT THOYYIBAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembangunan ekonomi merupakan proses pertumbuhan yang terus menerus menuju perbaikan termasuk usaha meningkat produk per kapita. Pembangunan ekonomi selalu beriringan dengan pertumbuhan ekonomi.Adapun indikator pembangunan ekonomi adalah memantau perilaku perekonomian, kepentingan analisis ekonomi, dasar pengambilan keputusan, dan dasar perbandingan internasional.Selama masa pandemic covid 19 Paiton Resort Hotel masih beroperasi seperti biasanya. Berbeda dengan hotel lain yang banyak memutus hubungan kerja dengan karyawannya atau dikenal dengan PHK, Paiton Resort Hotel justru menambah tenaga kerja. Seiring dengan bertambah maju dan banyaknya tamu di Paiton Resort Hotel maka pihak manajemen menambahkan dan merenovasi kamar-kamar yang ada dengan tujuan lebih meningkatkan mutu pelayanan sehingga memberikan kepuasan yang diharapkan oleh customer.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan sebelumnya maka yang akan menjadi fokus dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bahamian cara rekrutmen karyawan Paiton Resort Hotel selama masa pandemi Covid-19? (2) Bagaimana Optimalisasi Pelayanan Pada Customer Paiton Resort Hotel Selama Masa Pandem Covid 19?
Tujuan terhadap penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) untuk mengetahui dan menganalisis karyawan pada customer Paiton Resort Hotel selama masa pandemic covid 19. (2) Untuk mengetahui optimalisasi dan menganalisis pelayanan pada customer Paiton Resort Hotel selama masa pandemi Covid-19.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan trianggulasi sumber.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, yakni: (1)Proses rekrutmen karyawan dalam perusahaan (Paiton Resort Hotel) dilakukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini dapat dilihat Paiton Resort Hotel menginginkan adanya penambahan target atau tujuan perusahaan. (2) Proses rekrutmen di Paiton Resort Hotel menggunakan sistem internal juga sistem eksternal, untuk sistem internal Paiton Resort Hotel membuka rekrutmen dengan tenaga kerja yang sudah diketahui kinerjanya. Sedangkan sistem eksternal dilakukan untuk mencari karyawan–karyawan yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan.Untuk sistem eksternal ini dipublikasikan diberbagai media sosial (Instagram, facebook, dll). (3) Dalam melakukan proses rekrutmen Paiton Resort Hotel sangat mempertimbangkan kualitas sumber daya manusia atau karyawan yang bener-benar kompeten sesuai dengan bidang-bidang yang dibutuhkan oleh Paiton Resort Hotel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Roihatut Roihatut Thoyyibah
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:40
Last Modified: 25 Oct 2022 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13961

Actions (login required)

View Item View Item