Model Pengembangan Bisnis Waralaba berbasis Syariah di 212 Mart Lumajang

Rahayu, Cindy (2022) Model Pengembangan Bisnis Waralaba berbasis Syariah di 212 Mart Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad siddiq Jember.

[img] Text
CINDY WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Cindy Puji Rahayu, M. Daud Rhosyidy, SE., M.E2022: Model Pengembangan
Bisnis Waralaba Berbasis Syariah di 212 Mart Lumajang
Kian pesat perkembangan industri, kian beragam pula model bisnis yang diterapkan, diiringi pula perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia. Perkembangan ini perlu direspon dengan tepat dan cermat terutama bagi seorang muslim. Seorang muslim perlu memperhatikan kesesuaian suatu bisnis dengan ketentuan-ketentuan syariat Islam. Salah satu model bisnis ialah Waralaba. Waralaba memiliki konsep yang sudah teratur. Tidak diperlukan memulai usaha dari nol, karena terdapat sistem terpadu dalam waralaba, yang memungkinkan seorang penerima waralaba menjalankan usaha dengan baik. Salah satu waralaba yang menjalankan usahanya berdasarkan konsep waralaba berbasis syariah yaitu 212 mart Lumajang. Waralaba syariah ini bersaing dengan waralaba lain mulai dari model pengembangan bisnis, pemasaran dan lain-lain. Sehingga peneliti tertarik meneliti model pengembangan bisnis di waralaba 212 mart Lumajang ini, ditengah kemajuan dibidang ekonomi syariah tersebut serta juga meneliti peluang dan tantangan bisnis waralaba di 212 Mart Lumajang.
Fokus penelitian skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana Model Pengembangan Bisnis Waralaba Berbasis Syariah di 212 Mart Lumajang?, 2) Bagaimana Peluang dan Ancaman Bisnis Waralaba di 212 Mart Lumajang?
Tujuan penelitian skripsi ini yaitu: 1) Untuk Menguraikan Model Pengembangan Bisnis Waralaba berbasis Syariah di 212 Mart Lumajang, 2) Untuk Menguraikan Peluang dan Ancaman Bisnis Waralaba Berbasis Syariah di 212 Mart Lumajang
Dalam rangka mengkaji permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, subyek penelitian yang digunakan yaitu Purposive Sampling, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan, keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, tahap-tahap penelitian yaitu tahap pendahuluan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1. Strategi pengembangan bisnis waralaba 212 mart lumajang sudah sesuai dengan 4P yaitu produk, place, price and promotion. Namun ada beberapa strategi yang kurang berjalan lancar seperti strategipromotion.2. Waralaba 212 Mart terletak pada kondisi yang tidak menguntungkan, situasi yang sulit dan mengancam.
Kata Kunci:Pengembangan Bisnis, Waralaba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Cindy Cindy Rahayu
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:29
Last Modified: 25 Oct 2022 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13963

Actions (login required)

View Item View Item