perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan buku terbitan Kemendikbud dan Erlangga pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nahdltuth Thalabah dan SMK Al Bukhori.

Huda, M. Choirul (2020) perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan buku terbitan Kemendikbud dan Erlangga pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nahdltuth Thalabah dan SMK Al Bukhori. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
M. Choirul Huda_T20151330.pdf - Submitted Version

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana hasil belajar peserta didik dengan menggunakan buku teks PAI dan budi pekerti terbitan Kemendikbud di kelas X Nahdlatuth Thalabah (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik dengan menggunakan buku teks PAI dan budi pekerti terbitan Erlangga di kelas X SMK Al Bukhori (3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terbitan Kemendikbud dan Erlangga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini data disajikan dalam bentuk deskriptif dan komparatif. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X TKJ 1 SMK Nahdltuth Thalabah tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 23 peserta didik. Sedangkan yang kedua adalah seluruh peserta didik kelas X MP SMK Al Bukhori tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 34 peserta didik. Setelah data terkumpul dianalisis dengan menggunakan t-test. Berdasarkan hasil data yang di peroleh dari lapangan dan di hitung dengan menggunakan SPSS (uji t) dapat disimpulkan (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan buku terbitan KEMENDIKBUD yakni seluruh sampel yang diambil dari siswa kelas X TKJ SMK Nahdlatuth Thalabah tahun pelajaran 2019/2020 yakni 23 siswa, dengan prosentase 100% menunjukan pada kategori yang menyatakan “Baik”. (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan buku terbitan Erlangga yakni seluruh sampel yang diambil dari siswa X Manajemen SMK Al Bukhori tahun pelajaran 2019/2020 yakni 34 siswa, dengan presentase 85% menunjukan pada kategori yang menyatakan “Baik” dan 15% menunjukan pada kategori yang menyatakan “cukup”. (3) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan buku PAI dan Budi Pekerti terbitan KEMENDIKBUD dengan siswa yang menggunakan buku PAI dan Budi Pekerti terbitan Erlangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:13
Last Modified: 25 Oct 2022 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13967

Actions (login required)

View Item View Item