Sarwono, 2002, Psikologi Sosial Individu dan Teori-Teori Psikologi Sosial, Jakarta : Balai Pustaka Skandarrumidi, 2012, Metodelogi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: CV. Alfabeta, Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV. Alfabetaah, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Tim Penyusun IAIN Jember,2017, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah , Jember: IAIN Jember Press, 2017 Undang-undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial Pasal 1. UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa, 31 Widjaja HAW, 2002, Otonomi Daerah, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada ___________, 2003, Otonomi Desa, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada ___________, 2005, Otonomi Desa , Jakarta: PT RajaGrafindo Persada ___________, Titik Berat Otonomi : Pada Daerah Tingkat II, Rajawali Pers, Jakarta W.J.S. Poerwadarminto, 1984, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta:PN Balai Pustaka Walgito Bimo, 2003, Psikologi Sosial, Edisi Revisi, Yogyakarta: Andi Offset Yulistriani Merlian, 2013, Peran Pemerintah Daerah Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Nelayan, Cirebon: Skripsi:IAIN Syekh Nurjati Cirebon Yunus Mahmud, 1999, Kamus Arab-Indonesia Mahmud Yunus, Jakarta: Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah

LESTARI, DIAN (2019) Sarwono, 2002, Psikologi Sosial Individu dan Teori-Teori Psikologi Sosial, Jakarta : Balai Pustaka Skandarrumidi, 2012, Metodelogi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: CV. Alfabeta, Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV. Alfabetaah, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Tim Penyusun IAIN Jember,2017, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah , Jember: IAIN Jember Press, 2017 Undang-undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial Pasal 1. UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa, 31 Widjaja HAW, 2002, Otonomi Daerah, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada ___________, 2003, Otonomi Desa, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada ___________, 2005, Otonomi Desa , Jakarta: PT RajaGrafindo Persada ___________, Titik Berat Otonomi : Pada Daerah Tingkat II, Rajawali Pers, Jakarta W.J.S. Poerwadarminto, 1984, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta:PN Balai Pustaka Walgito Bimo, 2003, Psikologi Sosial, Edisi Revisi, Yogyakarta: Andi Offset Yulistriani Merlian, 2013, Peran Pemerintah Daerah Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Nelayan, Cirebon: Skripsi:IAIN Syekh Nurjati Cirebon Yunus Mahmud, 1999, Kamus Arab-Indonesia Mahmud Yunus, Jakarta: Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
DIAN LESTARI_S20153002.pdf - Submitted Version

Download (19MB)

Abstract

Di Desa Maskuning Wetan terdapat beberapa Peraturan yang ada di Desa Maskuning Wetan yaitu pertama, Peraturan Desa tentang rencana pembangunan jangka menengah Desa yang di atur dalam PERDES Maskuning Wetan Nomor 5 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Desa Maskuning Wetan Nomor 4 Tahun 2012 Tentang RPJMDES Tahun 2012-2017. Kedua, kewenangan berdasarkan hak asal-usul dan kewenangan lokal berskala Desa. Ketiga, pendirian badan usaha milik Desa yang di atur dalam PERDES Maskuning Wetan Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pendirian Badan Usaha Milik Desa Maskuning Wetan Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso. Yang ke empat Rencana kerja pemerintah Desa di susun melalui musyawarah desa. Yang ke lima APBDES terdiri atas bagian pendapatan desa, belanja desa dan pembiayaan. Fokus Penelitian dari Skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengaturan peran pemerintah desa dalam menata regulasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa Maskuning Wetan Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana pelaksanaan peran pemerintah desa dalam menata regulasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa Maskuning Wetan Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso? 3) Bagaimana strategi pengembangan kesejahteraan masyarakat di desa Maskuning Wetan Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso? Tujuan dari Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pengaturan peran pemerintah desa dalam menata regulasi guna peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa Maskuning Wetan Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan peran pemerintah desa dalam menata regulasi guna peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa Maskuning Wetan Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso. 3) Untuk mendeskripsikan strategi pemerintah desa dalam menata regulasi guna peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa Maskuning Wetan Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif analisis deskriptif datanya yaitu mendiskripsikan objek dalam bentuk narasi yang di dapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber data. Hasil dari penelitian memperoleh beberapa kesimpulan yaitu: 1) Di Desa Maskuning Wetan terdapat peraturan desa yang membahas tentang BUMDES dan juga RPJMDES yang sudah di atur dalam peraturan desa. 2) Pelaksaan peraturan desa yang sudah di lakukan selama ini dalam pemberdayaan perempuan seperti posyandu,dan juga pelatihan-pelatihan yang benar-benar bermanfaat untuk di lakukan. 3) Strategi yang ada di pemerintah desa agar kesejahteraan masyarakat berkembang yaitu melakukan motivasi berupa kegiatan lanjutan misalkan ada kegiatan pelatihan menjahit, di samping melakukan kegiatan pelatihan, juga memberikan bantuan peralatan agar warga bisa mempraktekkan hasil dari pelatihan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:13
Last Modified: 25 Oct 2022 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13968

Actions (login required)

View Item View Item