Bimbingan Agama Islam Untuk Meningkatkan Religiositas Mantan Pekerja Seks Komersial (Studi Kasus di Besini Kecamatan Puger Kabupaten Jember)

QURNIASARI, SHINTA (2019) Bimbingan Agama Islam Untuk Meningkatkan Religiositas Mantan Pekerja Seks Komersial (Studi Kasus di Besini Kecamatan Puger Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SHINTA QURNIASARI_D20153007.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Prostitusi merupakan perbuatan zina yang harus dihindari, perbuatan tersebut bisa menyesatkan dan membawa kekacauan, semua manusia akan dimintai pertanggung jawabannya diakhirat nanti. Maka setiap perbuatan harus benar-benar diperhatikan agar terselamatkan didunia dan diakhirat, baik buruknya kehidupan manusia tergantung dari akhlaq yang diperbuatnya dan kembali kepada individu masing-masing. Setiap manusia memiliki fitrah dan potensi yang baik, namun tidak banyak yang mau berjuang untuk mendapatkannya. Bahkan sedikit yang mau meyadari dan mungkin lebih banyak manusia yang menjalani hidup apa adanya. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini : (1) Bagaimana Bimbingan Agama Islam yang Dilakukan oleh Tokoh Agama untuk Meningkatkan Religiositas Mantan Pekerja Seks Komersial? (2) Bagaimana Proses Pendekatan yang Dilakukan Tokoh Agama dalam Membimbing Mantan Pekerja Seks Komersial? (3) Bagaimana Dampak Bimbingan Agama Islam yang Dilakukan oleh Tokoh Agama untuk Meningkatkan Religiositas Mantan Pekerja Seks Komersial? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk Mengatahui Bimbingan Agama Islam yang Dilakukan oleh Tokoh Agama untuk Meningkatkan Religiositas Mantan Pekerja Seks Komersial, (2) Untuk Mengetahui Proses Pendekatan yang Dilakukan Tokoh Agama dalam Membimbing Mantan Pekerja Seks Komersial, (3) Untuk Mengetahui Dampak Bimbingan Agama Islam yang Dilakukan oleh Tokoh Agama untuk Meningkatkan Religiositas Mantan Pekerja Seks Komersial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena penelitian ini bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan agama islam yang dilakukan oleh ustad Imron untuk meningkatkan religiositas mantan Pekerja Seks Komersial yaitu memberikan kajian-kajian fiqih, memberikan ajaran tentang ilmu ketauhidan dan memberikan contoh dengan memberikan santunan anak yatim. Strategi bimbingan agama islam ini termasuk dalam metode dakwah yaitu metode Al-Mauidzah Al-Hasanah dan metode bi Al-Hikmah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:12
Last Modified: 25 Oct 2022 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13969

Actions (login required)

View Item View Item